Mohon tunggu...
Yosef MLHello
Yosef MLHello Mohon Tunggu... Pemuka Agama - Sekretaris Umum Pusat Pastoral Keuskupan Atambua, Dosen Tidak Tetap pada STP St. Petrus Keuskupan Atambua

Menulis adalah upaya untuk meninggalkan jejak. Tanpa menulis kita kehilangan jejak

Selanjutnya

Tutup

Beauty Pilihan

Terus Terang, Wanita Terlihat Lebih Cantik Ketika Mengenakan Kebaya

3 September 2022   11:44 Diperbarui: 3 September 2022   12:15 235 11 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
ilustrasi wanita berkebaya (sumber: kratonwedding.com via wikipedia)

Kebaya? Ya... kebaya. 

Kebaya itu identik dengan wanita. Seorang wanita akan terlihat lebih cantik ketika mengenakan kebaya.  Atau bahkan bisa dikatakan wanita akan lebih menjadi wanita ketika ia berkebaya.

Apakah kebaya adalah pakaian harian atau pakaian sehari-hari?

Jawabannya tidak!

Kebaya adalah pakaian resmi para wanita. Ya, itu menurut peneropongan saya.  Resmi dalam arti dipakai pada saat atau moment-moment khusus, seperti mengikuti hajatan perkawinan baik di Gereja maupun di tempat resepsi. 

Kebaya juga biasanya dipakai pada hari-hari raya kenegaraan seperti pada perayaan 17 agustus dan pada malam resepsi kenegaraan.  

Tetapi kebaya paling mencolok dikenakan pada hari Kartini yaitu pada tanggal 21 April yang selalu dirayakan sebagai Hari Lahirnya Kartni.  Karena itu semua wanita Indonesia mulai dari anak-anak PAUD hingga ibu-ibu di Kantor mengenakan kebaya. Hal ini mungkin karena kita menyaksikan foto R.A. Kartni selalu mengenakan Kebaya. 

Penulis juga biasa menyaksikan kebanyakan anak-anak gadis yang akan mengikuti wisuda, memilih untuk mengenakan kebaya. Tentu saja ini menambah keanggunan mereka berarak menuju podium pengukuhan sebagai sarjana.

Karena kebaya selalu identik dengan kaum wanita, apalagi ibu-ibu, maka kebaya seringkali diklaim sebagai pakaian khas wanita dari masing-masing daerah.

Karena kebaya biasa dipakai oleh ibu-ibu, termasuk Mamaku, maka  kami sering mengklaimnya sebagai pakaian khas daerah kami.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Beauty Selengkapnya
Lihat Beauty Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan