Mohon tunggu...
Yosef MLHello
Yosef MLHello Mohon Tunggu... Pemuka Agama - Sekretaris Umum Pusat Pastoral Keuskupan Atambua, Dosen Tidak Tetap pada STP St. Petrus Keuskupan Atambua

Menulis adalah upaya untuk meninggalkan jejak. Tanpa menulis kita kehilangan jejak

Selanjutnya

Tutup

Transportasi Pilihan

Tips Berkendara di Jalan Tol

7 November 2021   11:44 Diperbarui: 7 November 2021   11:49 120 5 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Transportasi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Wirestock

Berkendara di Jalan Tol itu sesuatu yang sangat menyenangkan karena tidak ada hambatan dalam perjalanan. Berkecepatan tinggi sehingga bisa cepat sampai tujuan. Waktu baru melewati jalan Tol pertama kali,saya hampir tidak percaya. 

Mobil yang kami tumpangi begitu meluncur tanpa hambatan. 

Tiba-tiba seorang penumpang kami berteriak minta berhenti alias mengurangi kecepatan. Spontan yang lain katakan, ini kita di jalan Tol, jadi tidak bisa pelan-pelan.  Artinya kalau berkendara di jalan Tol harus berkecepatan di atas rata-rata.

Beberapa waktu lalu, melalui media sosial viral kecelakaan yang dialami oleh artis Vanessa Angel dan keluarganya di Jalan Tol Jombang, Jawa Timur. Sontak dunia maya dipenuhi dengan berbagai pendapat. Ada yang pro dan ada yang kontra. 

Berbagai spekulasi seputar kecelakaan itu. Ada yang mengatakan ini ada yang mengatakan itu. Yang jelas, kecelakaan telah terjadi. Dua orang menjadi korban. Vanessa dan suaminya. Ibarat nasi sudah menjadi bubur. Sekarang tinggal kenangan.

Berhadapan dengan peristiwa naas tersebut berbagai tanggapan dan tips disampaikan. Paling kurang untuk mengurangi kasus. Agar tidak terjadi lagi peristiwa yang sama. 

Memang, bagi orang baru, berkendara di jalan Tol sangat menegangkan. Dibutuhkan kemahiran dalam mengendarai mobil, kesehatan yang fit dan konsentrasi yang plus.

Berikut ini, tips lima plus satu bila berkendara di jalan Tol, agar mengurangi kecelakaan:

Pertama, Memastikan kondisi kendaraan yang hendak digunakan melewati jalan tol, antara lain tekanan angin dalam ban, bahan bakar yang cukup, semua penumpang menggunakan sabuk pengaman, rem dan semua onderdil lainnya berfungsi baik.

Kedua, Mempelajari dan memastikan peta jalan tol yang hendak dilewati. 

Bila untuk pertama kalinya melewati jalur tol itu bisa saja terjadi apa yang dinamakan 'demam tol' yaitu ada keragu-raguan dalam hati sang driver, karena tidak menguasai jalur tol tersebut. Hal itu terlihat driver agak nerveus, dan keringatan. Kalau sudah begini, ini bisa tanda-tanda kurang baik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Transportasi Selengkapnya
Lihat Transportasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan