Mohon tunggu...
Yosea Permana
Yosea Permana Mohon Tunggu... sedang mencari kerja -

Seorang yang terinspirasi oleh gajah. Gemar, melukis menggambar dan fotografi. Bukan pencari momen tapi manipulator momen. Traveling adalah belajar.

Selanjutnya

Tutup

Wisata Artikel Utama

Kebiasaan Unik di India yang Sering Buat Turis Shock Culture

10 Januari 2017   10:05 Diperbarui: 10 Januari 2017   22:25 19861 10 10
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kebiasaan Unik di India yang Sering Buat Turis Shock Culture
shock culture di india|Foto dok. pribadi penulis

Kamu mungkin kerap mendengar bahkan merasakan langsung tentang apa yang namanya shock culture pada perjalanan yang telah dilakoni selama ini. Tidak harus di luar negeri, bahkan kala kita traveling di dalam negeri pun kerap kali kita mendapati beberapa hal yang aneh, unik, dan tidak umum (menurut pribadi kita), baik itu dalam bentuk budaya maupun kebiasaan dari masyarakat setempat. Misalnya saja apabila plesir ke tanah Sunda, sudah mafhum rasanya apabila kita mendapati banyak orang lokal yang tidak bisa melafalkan huruf ‘F’ secara benar, mayoritas mereka melafalkan huruf ini menjadi “EP”. 

Contoh lainnya apabila kita berkunjung ke Suku Baduy, kita akan mendapati sebuah aturan adat yang melarang penggunaan sabun, sampo, odol dan amenitis lainnya ketika kita mandi di kawasan Baduy tanpa terkecuali untuk para pelancong juga. Kadang hal-hal yang kita temui tersebut membuat kita merasa disusahkan namun tak jarang juga malah menjadi sesuatu yang berkesan dan menyenangkan untuk di-eksplor lebih dalam.

‘Shock culture’ adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan tentang perasaan terkejut yang dirasakan oleh kita ketika kita berada di lingkup kebudayaan yang berlainan dengan budaya yang kita anut. Perasaan ini timbul akibat perbedaan yang ekstrim dengan kebudayaan baru, yang menyebabkan kita terkadang sulit untuk mengenali bahkan membedakan apa yang wajar dan tidak wajar pada tempat baru di mana kita berada pada saat itu.

Dan dalam artikel ini saya ingin berbagi sedikit cerita tentang beberapa shock culture yang saya dapat ketika saya berkesempatan untuk mengunjungi India beberapa waktu lalu.

1. Chai

shock culture di india|Foto dok. pribadi penulis
shock culture di india|Foto dok. pribadi penulis


India merupakan negara penghasil teh peringkat kedua di dunia setelah Tiongkok, maka tak aneh apabila aktivitas minum teh begitu membudaya di negara ini. Teh atau lebih dikenal dengan nama ‘chai’ di negeri terpadat kedua di dunia ini merupakan sebuah minuman wajib bagi tiap warga India. Rasanya tiada hari terlewat tanpa menenggak segelas chai di negeri ini.

Cara meminum teh di India berkiblat kepada mantan penjajahnya yakni Inggris. Penyajiannya bisa dibilang sama dengan ‘english tea’, di mana teh diramu dengan campuran susu dan gula. Bedanya di India ada resep tambahan yang disebut dengan nama masala untuk melengkapi rasa dari teh yang disajikan ini. Masala tersebut adalah campuran dari beberapa jenis rempah-rempah seperti cengkeh, biji pala dan kayu manis.

Di India kita akan mudah sekali menemukan penjual teh di tiap-tiap sudut kotanya, mulai dari yang berbentuk kedai mewah sampai kaki lima pun ada, bahkan saya juga sempat menjumpai penjual teh asongan di dalam sebuah kereta yang saya tumpangi. Rasanya penduduk India tak mengenal tempat dan waktu dalam hal mengkonsumsi teh.

2. Hobi nimbrung

shock culture di india|Foto dok. pribadi penulis
shock culture di india|Foto dok. pribadi penulis


Salah satu hal yang awalnya membuat saya dan mungkin para traveler lainnya merasa cukup risih ketika berada di India adalah kebiasaan masyarakat lokal yang seringkali ‘nimbrung’, terutama apabila sedang ada turis asing yang tengah berbincang ataupun bertanya kepada masyarakat lokal lainnya. Bisa dipastikan orang-orang yang berada di sekitarnya akan mendekati kita dan ikut berkumpul.

Namun tak perlu khawatir kepada mereka semua yang berada di sekeliling kalian, mereka hanya penasaran saja dengan apa yang sedang kita bicarakan. Mereka hanya sekedar ingin mendengar dan melihat kita ‘orang jauh’ yang tengah mengunjungi negaranya. Tak jauh berbeda dengan perlakuan beberapa orang di kawasan Indonesia kepada warge negara asing yang sedang mengunjungi daerahnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Wisata Selengkapnya
Lihat Wisata Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan