Mohon tunggu...
Yopi Ilhamsyah
Yopi Ilhamsyah Mohon Tunggu... Herinnering

Pemerhati Sejarah

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Rumah Berhantu di Ajuen

8 Oktober 2020   12:16 Diperbarui: 8 Oktober 2020   21:32 1196 16 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Rumah Berhantu di Ajuen
Penampakan "Rumah Sarah" petang hari di Desa Ajuen, Banda Aceh (Dokpri)

Petang hari jelang malam di akhir pekan, sepulang dari Pantai Lhoknga di barat daya Kota Banda Aceh, sepeda motor yang saya kendarai melewati Desa Ajuen di pinggiran barat daya Kota Banda Aceh. Saya teringat akan video uji nyali yang direkam oleh sekelompok anak muda di dalam sebuah bangunan bekas wisma di desa ini.

Anak-anak muda tersebut mendatangi rumah bekas wisma ini karena terdorong rasa ingin tahu terkait penampakan wangsa dedemit yang menghuni bangunan ini. Mereka merujuk sebuah video dari seseorang yang melakukan uji nyali di rumah ini sebelumnya.

Selepas menonton kedua video yang diunggah di kanal YouTube oleh para anak muda dan seorang penguji nyali sebelumnya dan menyaksikan banyak penampakan makhluk halus, saya tertarik mengetahui keberadaan rumah tersebut. 

Di kolom komentar, saya menanyakan kepada anak-anak muda tersebut terkait lokasi rumah ini dengan terlebih dahulu menekan logo bergambar jempol tanda menyukai video tersebut.

"Mantap bang video jih, nyan bak bineh jalan rayeuk Banda Aceh-Meulaboh nyoe bang? Alamat jih dipat bang?", tanya saya dalam bahasa Aceh yang jika diartikan "Mantap bang videonya, ini di pinggir jalan raya Banda Aceh-Meulaboh ya bang?. Alamatnya dimana bang?". Tidak lama sang YouTuber yang terdiri dari anak-anak muda menjawab "Nyoe, lokasi jih bak gampong ajuen (iya, lokasinya di Desa Ajuen)". Saya pun membalas "ka bereh bang, neu eksplor-eksplor tempat laen lhom bang beuh, Krue Seumangat!! (Ok bang, kunjungi tempat-tempat lain bang, semangat!!)"

Saat sepeda motor melaju dengan kecepatan tinggi di jalan raya Banda Aceh-Meulaboh dan gapura merah putih di salah satu lorong menampilkan Saleum Teuka (ucapan selamat datang dalam bahasa Aceh) di salah satu dusun di Desa Ajuen, saya pun melambatkan tunggangan dan mulai menyisir keberadaan "rumah berhantu" di bahu kiri dan kanan jalan. 

Petunjuknya jelas yaitu jalan raya Banda Aceh-Meulaboh, Desa Ajuen tapi di mana persisnya ya?, tanya saya dalam hati.

Sebenarnya setelah melewati Rumah Cut Nyak Dhien di Lampisang, saya sudah pasang mata mencari tahu letak bekas wisma ini.

Saya menyisir jalan raya Banda Aceh-Meulaboh dari arah Lhoknga selepas tikungan tajam yang membelok ke kanan. Dengan seksama saya perhatikan hampir setiap bangunan yang berada di kiri dan kanan jalan.

Namun, tidak kunjung menemukan bangunan yang mencurigakan. Dalam video disebutkan bahwa rumah ini ditinggalkan si empunya setelah kejadian penampakan yang kerap menghantui keluarga yang menempati rumah tersebut.

Karena ditelantarkan begitu saja, kondisi rumah tidak lagi terawat dan rusak. Dalam bayangan saya, dengan ciri seperti disebutkan dalam video, pasti kondisi rumah seperti ini akan dapat dengan mudah dikenali lewat penampakan bangunan kosong dalam kondisi rusak dan cat yang sudah pudar dengan semak-semak memenuhi halaman bahkan menutupi bangunan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x