Mohon tunggu...
Yonathan Christanto
Yonathan Christanto Mohon Tunggu... Penulis - Karyawan Swasta

Moviegoer | Best in Specific Interest Kompasiana Awards 2019

Selanjutnya

Tutup

Film Artikel Utama

"Penyalin Cahaya" Itu Film Bagus, Sayang Harus Terjerat Kasus

14 Januari 2022   14:13 Diperbarui: 14 Januari 2022   20:51 3143 15 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Film Penyalin Cahaya | Gambar dari Kompas.com

Sangat disayangkan ketika beberapa hari sebelum film ini akhirnya dirilis di Netflix, production house film ini yaitu Rekata Studio dan Kaninga Pictures harus menerima terpaan isu yang kurang sedap. Bahwasanya salah satu penulis film yang disutradarai oleh Wregas Bhanuteja ini kabarnya terlibat dalam kasus pelecehan seksual beberapa tahun silam.

Tentu saja hal ini membuat ramai jagat maya dikarenakan film yang mengambil tema pelecehan seksual ini justru di dalamnya terdapat kru yang juga menjadi pelaku pelecehan seksual. Ironis.

Terlepas dari benar atau tidaknya kasus ini (karena Rekata Studio, Kaninga Pictures, dan kru serta aktor film ini sudah membuat surat pernyataan), yang pasti publik sudah terbelah dengan sikap yang menolak total film ini dengan sikap yang masih menerima film ini sebagai karya dan memisahkan masalah besar di belakangnya.

Setidaknya sampai dengan saat ini, sampai dengan kasus ini masih bersifat dugaan dan belum ada penjelasan atau klarifikasi lebih lanjut, saya masih mengambil sikap tetap menerima film ini sebagai karya dan memilih untuk memisahkannya dengan kasus yang dialami si penulis film ini. Karena biar bagaimanapun, film adalah pekerjaan kolektif yang melibatkan banyak pihak. Biarlah kasus ini diselesaikan oleh pihak-pihak yang lebih kredibel.

Dan tentu saja simpati terbesar dan doa terbaik kiranya terus mengalir agar keadilan menaungi setiap korban yang telah dirugikan.

Namun jika ada dari pembaca yang menganggap bahwa karya adalah satu kesatuan dengan si pembuat yang tak dapat dipisahkan begitu saja, lantas menolak film ini, maka bisa berhenti membaca tulisan ini sampai di sini karena paragraf-paragraf selanjutnya akan membahas tentang film secara keseluruhan.

***

Shenina Cinnamon dalam Penyalin Cahaya | Sumber: imdb.com
Shenina Cinnamon dalam Penyalin Cahaya | Sumber: imdb.com

Dengan mengesampingkan dugaan adanya kasus kekerasan sesksual yang melibatkan salah satu penulis film ini, tak bisa dipungkiri bahwasanya Penyalin Cahaya adalah sebuah film yang well-crafted. Hampir di setiap sisinya digarap dan dieksekusi dengan sangat baik.

Mulai dari akting, sudut pengambilan gambar, gradasi warna, hingga musik latar yang digunakan, semuanya nampak berkualitas. Bahkan masing-masing memiliki porsi yang pas sehingga membentuk harmonisasi cerita yang apik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan