Mohon tunggu...
Yonathan Christanto
Yonathan Christanto Mohon Tunggu... Karyawan Swasta

Movie Enthusiast | Awardee Best in Specific Interest Kompasiana Awards 2019

Selanjutnya

Tutup

Digital Artikel Utama

Merayakan Momen Dibukanya Blokir Netflix oleh TelkomGroup

7 Juli 2020   22:39 Diperbarui: 9 Juli 2020   21:02 845 31 7 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Merayakan Momen Dibukanya Blokir Netflix oleh TelkomGroup
Ilustrasi Netflix di smartphone. (sumber: Bloomberg via kompas.com)

Jagat sosial media hari ini tiba-tiba riuh menyebut-nyebut nama Netflix, Telkomsel, dan Indihome. Namun kali ini bukan nada negatif seperti yang biasanya muncul dari cuitan-cuitan di media sosial tersebut, melainkan nada yang cenderung positif dan penuh syukur.

Pasalnya, akses Netflix kini sudah bisa di akses pada jaringan internet TelkomGroup, seperti Telkomsel, Indihome, dan Wifi.id. Ya, anda tidak salah baca, Telkomsel dan Indihome kini sudah membuka akses Netflix yang sebelumnya diblokir selama 4 tahun!

Tentu saja langkah ini penulis apresiasi karena sebelumnya tinggal TelkomGroup dan berbagai anak perusahaannya yang masih setia memblokir Netflix dengan berbagai alasan seperti konten yang terbentur regulasi pemerintah, tidak adanya takedown policy, "kurang Indonesia", hingga kebijakan lainnya seperti bagi hasil ataupun penarikan pajak. Padahal penyedia jaringan internet saingannya seperti XL, First Media, Tri, dan Indosat tidak pernah memblokir Netflix.

Bahkan penulis pun pernah membahas secara mendalam mengenai rencana pengawasan Netflix oleh KPI serta berbagai alasan pemblokiran lainnya yang bisa dibaca di sini

Tentu saja pembukaan blokir atas Netflix ini patut dirayakan khususnya bagi kita para penikmat film streaming. Tentunya hal ini juga meninggalkan cerita yang unik sekaligus mendatangkan harapan ke depannya terkait sajian Netflix di Indonesia.

Kesepakatan itu Menuai Hasil

Sumber: inet.detik.com
Sumber: inet.detik.com
Perjalanan pembukaan blokir Netflix tentu saja menyisakan cerita yang cukup rumit bahkan bisa dibilang cukup menyebalkan. Pasalnya TelkomGroup sering mengeluarkan statement yang mengambang kala pertanyaan mengenai alasan pemblokiran Netflix mengemuka dari para pengguna sosial media.

Tidak adanya kejelasan jawaban, bahkan saling lempar antara Kominfo sebagai perwakilan pemerintah dan TelkomGroup seputar jawaban pemblokiran ini, membuat banyak orang kerap meluapkan kekecewaannya di media sosial. 

Pasalnya memang banyak orang yang meyakini bahwasanya tidak ada pelanggaran serius perihal konten yang disajikan Netflix, sehingga pemblokiran ini dianggap murni soal kesepakatan bisnis yang belum ada titik temunya.

Belakangan, statement dari Direktur Bisnis digital PT. Telkom, Faizal Djoemadi beberapa bulan lalu, seperti dilansir dari laman Kontan.id cukup memberikan pencerahan mengenai apa permasalahan sebenarnya.

"Tapi, Netflix tidak mau memenuhi satu persyaratan itu, yakni menarik konten bermasalah dalam 24 jam," jelas Faizal.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x