Mohon tunggu...
Yonathan Christanto
Yonathan Christanto Mohon Tunggu... Karyawan Swasta

Movie Enthusiast | Awardee Best in Specific Interest Kompasiana Awards 2019

Selanjutnya

Tutup

Film Artikel Utama

Hal-hal yang Kita Rindukan dari Bioskop

3 Juni 2020   17:48 Diperbarui: 4 Juni 2020   05:47 838 22 6 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Hal-hal yang Kita Rindukan dari Bioskop
Ilustrasi bioskop. Sumber: livejapan.com

Pada tulisan sebelumnya yang membahas tentang rencana hadirnya bioskop drive-in di Jakarta (baca di sini), tentu kita sepakat bahwa bioskop alternatif tersebut memang hadir untuk memenuhi kerinduan para penikmat film akan pengalaman menonton pada layar besar.

Pasalnya sudah lebih dari dua bulan ini fasilitas bioskop di seluruh Indonesia, bahkan dunia, menutup aktivitasnya demi memutus mata rantai penyebaran covid-19 ini.

Meskipun kemudian di Indonesia ada wacana New Normal yang berarti melonggarkan PSBB dan mulai diizinkannya beberapa fasilitas publik untuk beroperasi secara terbatas, namun nampaknya bioskop belum akan menjadi tujuan utama banyak orang setelah masa karantina ini usai.

Pasti ada saja orang yang langsung berani mengunjungi bioskop begitu New Normal diberlakukan. Namun setidaknya butuh beberapa bulan bagi bioskop untuk kembali mendapatkan tingkat okupansi seperti sedia kala. Meskipun mungkin saja bioskop memberlakukan 'diskon pandemi' untuk menarik minat pengunjung kelak.

Nah, jelang pembukaan bioskop di era new normal ini, penulis justru ingin mengajak setiap pembaca untuk sedikit mengingat masa-masa seru sebelum pandemi covid-19 ini datang. Sesuatu yang ringan dan mudah diingat, sehingga bisa menimbulkan lagi rasa kangen dan kecintaan kita kepada dunia sinema lewat bioskop.

Lantas apa saja sih sebenarnya yang kita rindukan dari bioskop? Berikut beberapa poinnya dari sudut pandang penulis. Kalau dari sudut pandang teman-teman, nanti bisa ditambahkan di kolom komentar ya. Let's go!

1.Aroma Popcorn yang Menggoda

Sumber: bbc.com
Sumber: bbc.com

Pembaca pasti setuju bahwa aroma popcorn yang wanginya begitu khas tersebut pasti langsung membuat kita yang menciumnya langsung terbayang akan renyah dan lezatnya setiap butiran olahan jagung tersebut. Pergolakan batin pun pasti terjadi antara lanjut membeli atau tidak.

Tak hanya itu, kudapan khas bioskop ini seakan menjadi penanda bahwa kita sudah memasuki area lobby bioskop. Karena mau seharum apapun pewangi ruangannya, pasti akan kalah dengan aroma popcorn yang hangat, renyah, dan menggoda itu.

Bagaimana, jadi terbayang popcorn bioskop kah?

2."All...Around....Youu!!"

Layar gelap, kemudian muncul suara mengagetkan yang dilanjutkan dengan adegan deretan bola-bola yang berjatuhan, lantas menjadi pembuka dari sebuah kalimat singkat yang khas sebagai berikut;

"All...around ..youuuuu!!"


Ya, kalimat tersebut adalah kalimat pembuka dari Dolby Digital Surround 7.1 "Sphere", yang saat ini menjadi instalasi wajib sound system di bioskop. Memang sudah ada instalasi Dolby Atmos di beberapa studio bioskop, namun yang memiliki ciri khas tentu saja si "all around you" itu.

Karena tak hanya suaranya terasa ada di sekeliling kita, namun momen keluarnya suara khas tersebut juga terkadang menjadi guyonan beberapa orang di dalam bioskop yang lantas bisa mengundang gelak tawa.

Bagaimana, rindu juga kah mendengar suara ini teman-teman?

3.Foto Tiket Sebagai Validasi

Sumber: savingeveryday.net
Sumber: savingeveryday.net

Semenjak kehadiran ragam platform media sosial khususnya yang memiliki aliran konten begitu cepat seperti fitur insta story milik Instagram, kegiatan update status pun jadi jamak dilakukan orang-orang. Salah satunya tentu saja update status kala berada di bioskop ataupun ketika kita menonton film terbaru.

Nah, foto tiket di area bioskop pun menjadi semacam validasi dan ajang pamer ke teman-teman bahwasanya kita sedang menonton film yang terbaru. Apalagi jika film tersebut hypenya luar biasa semisal Avengers Endgame atau yang terbaru seperti Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini.

Tentu saja hal ini kita rindukan. Karena jika kita belum sempat menonton, kita bisa berdiskusi dengan teman-teman dan menanyakan pendapatnya mengenai film tersebut. Atau bagi si pemotret, foto tersebut bisa digunakan untuk menggoda teman-teman yang belum menonton dengan cara menambahkan rating atau review singkat mengenai film tersebut..heuheu.

4.Koleksi Merchandise Limited Edition

Ilustrasi merchandise bioskop. Sumber: justiceleaguenews.com
Ilustrasi merchandise bioskop. Sumber: justiceleaguenews.com

Selain menjual makanan dan minuman sebagai kudapan, counter makanan di bioskop juga seringkali menjual merchandise film-film hype dalam edisi terbatas. Entah itu tempat minum, popcorn holder, mainan, mug, atau bahkan perlengkapan makan anak.

Tentu saja ragam produk impulse buying tersebut akan menggoda para pemburu merchandise edisi terbatas. Dan kalau saja tidak terjadi pandemi seperti saat ini, bulan-bulan ini biasanya akan muncul banyak merchandise limited edition dari film-film musim panasnya Hollywood.

Kalau penulis beberapa kali memang tergoda membeli meskipun bukan menjadi koleksi. Kalau pembaca bagaimana? Adakah yang menjadi kolektor merchandisenya bioskop?

5."Pintu Teater Satu, Telah Dibuka..."

Maria Oentoe. Sumber: kapanlagi.com
Maria Oentoe. Sumber: kapanlagi.com

Nah kalau ini tentu saja khusus untuk merk bioskop dengan angka romawi, heuheuheu..

Voice over yang khas dan legendaris dari Maria Oentoe ini tentu menjadi penanda kapan kita harus memasuki ruangan studio bioskop. Dan suara ini tentu saja sudah menemani kita sejak belasan atau mungkin puluhan tahun yang lalu, karena suara ini sudah melanglang buana sejak tahun 1987.

Namun memang, semenjak kehadiran jaringan bioskop lain penantang XXI, intensitas penonton mendengarkan suara legendaris tersebut mungkin agak berkurang. Kecuali memang penonton adalah fans garis keras XXI.

Karena selain banyak film bagus di jaringan bioskop lain yang tidak ditayangkan di XXI, di bioskop lain juga cenderung mandiri dalam hal penginformasian jam tayangnya.

Artinya, kita harus rajin mengecek jam karena tidak ada suara khas berisi informasi tersebut. Kecuali kita standby di dekat studio, nanti ada petugas yang biasanya berteriak menginformasikan studionya sudah buka heuheu.

6.Imbauan Anti Pembajakan dengan Wajah Pelaku yang Khas

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x