Mohon tunggu...
Yonathan Christanto
Yonathan Christanto Mohon Tunggu... Karyawan Swasta

Movie Enthusiast | Awardee Best in Specific Interest Kompasiana Awards 2019

Selanjutnya

Tutup

Film Artikel Utama

"Parasite", Sang Juara yang Berhasil Memenangkan Hati Banyak Orang

10 Februari 2020   13:38 Diperbarui: 10 Februari 2020   16:19 1369 21 5 Mohon Tunggu...
Lihat foto
"Parasite", Sang Juara yang Berhasil Memenangkan Hati Banyak Orang
Bong Joon Ho menerima piala kemenangan. Film garapannya "Parasite" meraih Best Picture Academy Awards 2020 | Sumber: apnews.com

Usai sudah perhelatan Oscar 2020 yang ditayangkan sejak pagi ini, tanggal 10 Februari 2020 atau tanggal 9 Februari waktu setempat.

Berbagai prediksi juaranya pun sejatinya sudah lebih dulu berseliweran di berbagai blog, portal berita online, hingga cuitan dari para pemerhati dan pelaku industri perfilman baik lokal maupun internasional sejak beberapa hari, minggu, bahkan bulan yang lalu.

Beberapa prediksi tersebut kemudian mendapatkan hasil yang tak jauh berbeda pada ajang Academy Awards 2020 yang dihelat hari ini. 

Pun beberapa "kisi-kisi" juaranya juga sudah ditunjukkan lewat ajang penghargaan film bergengsi lainnya seperti pada Golden Globes, BAFTA Awards, dan Screen Actor Guild Awards, di mana biasanya para pemenang dari masing-masing kategori tersebut kemudian semakin mantap ditahbiskan pada ajang super bergengsi yaitu Academy Awards.

Laura Dern | sumber: Variety.com
Laura Dern | sumber: Variety.com
Laura Dern yang memenangkan kategori Best Supporting Actress lewat perannya di Marriage Story, Joaquin Phoenix yang memenangkan Best Actor lewat Joker, atau Best Cinematography yang dipegang oleh Roger Deakins lewat 1917, sejatinya memang sudah banyak diprediksi banyak orang dan akhirnya benar-benar diwujudkan di hari ini.

Namun selayaknya berbagai edisi Academy Awards sebelumnya, rasanya tak afdol jika tidak meninggalkan sedikit kekecewaan yang pada tahun ini jatuh pada Toy Story 4 di kategori Best Animated Feature.

Film animasi tersebut memang tidak buruk, bahkan terdepan dalam hal pengaplikasian teknologi animasi terbaru yang dikembangkan oleh Pixar. 

Hanya saja bagi penulis pribadi, Toy Story 4 nampak bukan yang terbaik dan orisinil dari segi cerita dibandingkan kandidat lain semisal Klaus dan Missing Link.

Di mana hal tersebut nyatanya juga diaminkan oleh banyak orang yang buktinya sendiri bisa dilihat pada kolom reply cuitan twitter @AcademyAwards terkait Best Animated Feature tersebut.

Potongan film Parasite | Sumber: CJ Entertaiment via indiewire.com
Potongan film Parasite | Sumber: CJ Entertaiment via indiewire.com
Namun bukan itu yang menjadi poin utama tulisan ini, melainkan Parasite. Film asal Korea Selatan yang sejak awal peluncurannya tak pernah mendapatkan respon negatif ini memang sangat mencuri perhatian para penikmat film di seluruh dunia. 

Terlebih ketika pada akhirnya film tersebut masuk ke dalam 6 nominasi termasuk kategori Best Picture di ajang Academy Awards, yang sontak menimbulkan asa akan film Asia dan film berbahasa asing pertama yang memenangkan kategori puncak tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x