Mohon tunggu...
Yonathan Christanto
Yonathan Christanto Mohon Tunggu... Karyawan Swasta

Movie Enthusiast | Awardee Best in Specific Interest Kompasiana Awards 2019

Selanjutnya

Tutup

Film Artikel Utama

"Underwater", Mencekamnya Teror Laut Dalam yang Gelap dan Penuh Misteri

12 Januari 2020   01:30 Diperbarui: 12 Januari 2020   11:40 470 14 3 Mohon Tunggu...
"Underwater", Mencekamnya Teror Laut Dalam yang Gelap dan Penuh Misteri
Kristen Stewart dalam Underwater | santabanta.com

"Karena kita sudah terlalu banyak mengambil dari laut. Kini laut ingin mengambilnya kembali dari kita. Seharusnya kita tidak disini"

Laut memang menyimpan banyak kekayaan alam yang sejatinya sangat melimpah bahkan memiliki berbagai kemungkinan yang mengundang eksplorasi baru hari demi hari. Namun laut yang terlihat indah di permukaan sejatinya juga menyimpan banyak misteri yang belum terpecahkan hingga saat ini. 

Apalagi pada laut dalam seperti palung Mariana yang kedalamannya sangat mustahil untuk dieksplorasi manusia tanpa bantuan alat dan teknologi pendukung lainnya.

Fantasi manusia terkait misteri di dalam palung Mariana itulah yang lantas sering diangkat ke berbagai film fiksi ilmiah, di mana kemudian tak jarang yang menginterpretasikan misteri laut dalam tersebut ke dalam bentuk monster laut yang mengerikan. 

Underwater | screenrant.com
Underwater | screenrant.com
Kaiju pada Pacific Rim, Godzilla, Megalodon-nya The Meg bahkan The Trench-nya Aquaman, menjadi beberapa contoh monster yang digambarkan berasal dari laut dalam, meskipun beberapa di antaranya tak eksplisit menyebut Palung Mariana sebagai tempat bernaungnya.

Underwater yang saat ini sedang tayang di bioskop, lantas hadir untuk memberikan cerita baru tentang misteri laut dalam di sekitar Palung Mariana tersebut. Sembari sedikit memberikan sentilan terkait keserakahan manusia pada alam di berbagai dialognya.

Bermodalkan nama-nama besar di dalamnya, Underwater lantas menyajikan film horor sci-fi layaknya Aliens, namun dengan latar bawah laut yang gelap, dingin dan tentu saja mencekam.

Gunaxin.com
Gunaxin.com
Underwater sejatinya langsung menggebrak sedari awal. Bermodalkan potongan-potongan headline surat kabar yang muncul bergantian bersamaan dengan nama-nama pemerannya, kita pun lantas diberikan sedikit gambaran tentang latar cerita film ini. 

Sekaligus memberikan informasi terkait Tian Industries yang melakukan pengeboran bawah laut hingga Palung Mariana dengan cukup ambisius namun juga nampak tidak peduli pada kondisi lingkungan di sekitarnya.

Tak berapa lama kita pun kemudian diperkenalkan kepada Norah(Kristen Stewart), seorang teknisi di instalasi bawah laut milik Tian Industries, yang seketika mendapati dirinya berada dalam bahaya terkait kebocoran dan ledakan di dalam laboratorium yang berada di Palung Mariana tersebut. 

Bertemu dengan penyintas lainnya, Rodrigo(Mamoudou Athie), Norah lantas mengetahui bahwa masih ada rekan-rekannya yang tersisa pasca ledakan tersebut.

Jessica Henwick| geeksofcolor.co
Jessica Henwick| geeksofcolor.co
Captain Lucien (Vincent Cassel), Paul (T.J Miller), Emily (Jessica Henwick) dan Smith (John Gallager Jr.) lantas menjadi penyintas tambahan yang ditemui sekaligus menjadi rekan perjalanan dalam mencari jalan keluar dari laboratorium yang memiliki tingkat kerusakan 70% tersebut.

Sambil mencari jalan keluar, sedikit demi sedikit kepingan puzzle terkait ledakan dan bencana mematikan itu pun terkuak. Bahawasanya ada sesuatu yang di luar nalar mereka muncul di laut dalam tersebut. 

Sesuatu yang besar, kuat dan tentu saja membahayakan, hingga memaksa Norah dan lainnya berpacu melawan waktu, oksigen, juga kewarasan sebelum semuanya terlambat.

Geeksofcolor.co
Geeksofcolor.co
Seperti yang penulis singgung sebelumnya, Underwater langsung menggebrak sedari awal. Memberikan kita deretan teror berintensitas tinggi yang tampak tidak pernah menurun temponya hingga film berakhir.

Layaknya kegelapan di laut dalam yang begitu pekat dan dipenuhi ruang sempit serta minim oksigen yang membuat kita sulit bernapas, film ini pun lantas mencoba membuat sensasi yang sama agar bisa dirasakan langsung oleh penonton di studio bioskop. Hasilnya pun cukup sukses.

William Eubank mampu meracik ketegangan yang dibutuhkan dalam dinamika teror yang meningkat secara bertahap di sepanjang film. Menjadikan terornya tampil tidak repetitif sekaligus mampu membuat kita menunggu kejutan apa lagi yang akan segera disajikan di hadapan kita.

Vincent Cassel dan Kristen Stewart| rollingstone.com
Vincent Cassel dan Kristen Stewart| rollingstone.com
Deretan teror yang terjahit rapi tersebut lantas diperkuat oleh penampilan mumpuni dari para aktor dan aktrisnya. Mulai dari Stewart, Cassel hingga Henwick mampu menampilkan kondisi realistis sebagai penyintas yang sendirian di bawah laut, tanpa bantuan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x