Mohon tunggu...
Yonathan Christanto
Yonathan Christanto Mohon Tunggu... Karyawan Swasta

Movie Enthusiast | Awardee Best in Specific Interest Kompasiana Awards 2019

Selanjutnya

Tutup

Film Artikel Utama

"Frozen II", Bukti Superioritas Disney di Ranah Hiburan Anak

26 November 2019   19:11 Diperbarui: 28 November 2019   04:03 0 16 5 Mohon Tunggu...
"Frozen II", Bukti Superioritas Disney di Ranah Hiburan Anak
nytimes.com

Tentu kita sepakat bahwa selama 1 dekade terakhir, Frozen menjelma menjadi cerita Disney Princess yang begitu dicintai dan diminati oleh banyak anak-anak. 

Bahkan Frozen yang dirilis di tahun 2013 silam, sukses membuat para orangtua was-was karena merchandise bertema Frozen dalam bentuk apapun selalu diminati oleh anak-anak dan harganya sendiri terkadang tidak ramah untuk kantong.

Setidaknya ada 4 faktor utama yang penulis tangkap terkait mengapa Frozen bisa menjadi film animasi yang begitu diminati oleh anak-anak. Kualitas animasi yang luar biasa, cerita Princess yang berbeda, lagu yang catchy dan menyenangkan serta karakter Elsa dan Anna yang begitu khas dan mudah diingat oleh anak-anak.

Keempat hal itulah yang membuat Frozen lantas begitu fenomenal, yang mungkin saja tidak pernah disadari sebelumnya oleh Chris Buck dan Jennifer Lee sebagai 2 nakhoda di belakang layarnya. 

Fairytale yang terinspirasi dari Snow Queen-nya Hans Christian Andersen tersebut lantas menjadi tontonan wajib bagi anak-anak dan Let it Go sebagai original song-nya berperan layaknya lagu kebangsaan anak-anak di seluruh dunia.

Fortune.com
Fortune.com
Dikutip dari data milik boxofficemojo.com, dengan budget $150 Juta Frozen lantas mencatatkan pendapatan $1,2 Milyar untuk penayangannya di seluruh dunia. Lampu hijau untuk sekuelnya pun datang tak lama kemudian, hingga akhirnya di akhir tahun 2019 ini kita kembali bisa melihat petualangan Elsa dan Anna yang selalu sukses menjadi magnet untuk anak-anak melalui film bertajuk Frozen II.

Tentu rasanya tidak perlu membuat sinopsis untuk tulisan kali ini. Namun tentunya, penulis akan mencoba membahas film ini dari sisi lain yang kemudian akan terbagi ke dalam beberapa sub bahasan. Dan tulisan ini tentunya akan mengandung banyak spoiler.

Disney dengan Detailnya yang Semakin Menawan

Hollywoodreporter.com
Hollywoodreporter.com
Satu hal yang pasti, Disney kembali meyakinkan kita bahwa teknologi animasi yang dikembangkannya tak kalah superior dengan apa yang dihasilkan oleh anak perusahaannya, Pixar. Bahkan dengan studio lain seperti Dreamworks, Sony dan Universal yang juga berlomba menyajikan animasi terbaik, Disney masih lebih terdepan dalam hal ini.

Kualitas animasi luar biasa yang dihasilkan Disney jelas terlihat melalui tiga detail menawan yang ditampilkan pada Frozen 2.

Yang pertama melalui landscape Arendelle yang memukau di mana atmosfer desa benar-benar tergambar hidup melalui efek air, angin dan sinar matahari yang realistis. Tampilan latar surealis 'the unknown' pun juga cukup mencuri perhatian karena begitu magis dan mistis di satu sisi.

cnbcc.com
cnbcc.com
Sementara efek air menjadi sorotan yang benar-benar menarik perhatian penulis. Tak hanya dalam menampilkan efek air laut atau danau yang sangat-sangat realistis, efek cipratan hingga tubuh yang basah terkena air pun benar-benar ditampilkan luar biasa. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x