Mohon tunggu...
Yonathan Christanto
Yonathan Christanto Mohon Tunggu... Karyawan Swasta

Movie Enthusiast | Awardee Best in Specific Interest Kompasiana Awards 2019

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

"Koboy Kampus", Kolase Komedi Satir yang Lucu Namun Nyaris Tanpa Arti

26 Juli 2019   08:23 Diperbarui: 26 Juli 2019   10:50 291 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
"Koboy Kampus", Kolase Komedi Satir yang Lucu Namun Nyaris Tanpa Arti
sumber: gramha.net

Berangkat dari sebuah lagu berjudul sama karya The Panas Dalam Bank, Koboy Kampus lantas dipilih menjadi judul film yang menceritakan masa kuliah Pidi Baiq di Institut Teknologi Bandung, sekitar tahun 1997 sampai 1998-an. 

Seperti yang kita tahu, Pidi Baiq sendiri merupakan seorang seniman yang karyanya dikenal lewat trilogi novel Dilan dan juga band The Panas Dalam yang membawakan lagu-lagu ballad dengan lirik jenaka, apa adanya bahkan absurd, namun dengan nada-nada yang cukup catchy.

Disutradarai oleh Pidi Baiq dan Tubagus Deddy yang sebelumnya juga pernah bekerjasama dalam film Baracas: Barisan Anti Cinta Asmara, film ini lantas memiliki kombinasi aktor senior dan pendatang baru yang sejatinya cukup menjanjikan. 

Sebut saja 2 musisi indie yaitu Jason Ranti dan Danilla Riyadi yang melakukan debutnya di film ini dan beradu akting dengan aktor-aktor lain yang lebih senior seperti Ricky Harun, Bisma Karisma, Chicha Koeswoyo, dan Ria Irawan. Serta tak ketinggalan penampilan spesial dari Vienny JKT48.

Sinopsis

sumber: mncp movie
sumber: mncp movie

Memiliki keresahan terkait kondisi sosial politik yang tak menentu di masa-masa akhir pemerintahan presiden Soeharto, para mahasiswa pada akhirnya menjadikan demonstrasi sebagai opsi untuk menyuarakan aspirasi mereka kepada pemerintah. Namun turunnya mereka ke jalan justru membuat mereka mendapatkan sanksi keras berupa skorsing larangan berkuliah untuk sementara waktu.

Melihat fenomena yang makin carut marut itu lah lantas membuat sekelompok anak kampus jurusan seni rupa ITB memilih untuk membuat negara sendiri sebagai jawaban atas ketidakpuasan mereka terhadap NKRI. 

Negara bernama The Panas Dalam yang merupakan singkatan dari Atheis, Paganisme, Nasrani, Hindu, Buddha dan Islam tersebut lantas didirikan di ruang kecil seni rupa ITB. 

Negara yang menerima segala perbedaan dan digagas oleh Pidi Baiq(Jason Ranti) tersebut lantas disetujui oleh beberapa anak muda seperti Ninu(Ricky Harun), Erwin(David Jhon), Deni(Bisma Karisma), Rianto(Anfa Safitri) dan Nova(Danilla Riyadi) serta tak ketinggalan Inggrid(Jennifer Lepas) yang menjadi duta besar Inggris untuk Negara Kesatuan The Panas Dalam. 

Dengan slogan "Kingdom of Have Fun", mereka pun lantas menjalani hari-harinya dengan bersenang-senang tanpa harus memusingkan perpolitikan NKRI yang mereka anggap sebagai negara tetangga.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x