Mohon tunggu...
Yonathan Christanto
Yonathan Christanto Mohon Tunggu... Penulis - Karyawan Swasta

Moviegoer | Best in Specific Interest Kompasiana Awards 2019

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Mbizmarket, Solusi Terciptanya Sadar e-Procurement dalam Proses Bisnis Modern

2 Juni 2019   21:26 Diperbarui: 2 Juni 2019   21:45 105
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sebagai pegawai swasta yang ada dalam departemen yang bersinggungan langsung dengan departemen procurement, saya tentu paham betul bagaimana sistem procurement atau pengadaan barang begitu penting dalam berjalannya proses bisnis perusahaan. Tim procurement tentunya menjadi faktor penting terkait efektifitas dan efisiensi penyediaan barang yang dibutuhkan perusahaan.

Berbagai kebutuhan eksternal atau pendukung penjualan seperti rak display, acrylic untuk show unit hingga spanduk iklan, menjadi beberapa contoh barang-barang yang jadi kebutuhan utama perusahaan. Bahkan untuk sekadar kebutuhan internal kantor semisal kursi, meja, hingga kebutuhan stationery perusahaan pun juga menjadi tanggung jawab procurement.

Mereka pun tentunya dituntut untuk bisa mendapatkan barang ataupun jasa yang tak hanya berkualitas, namun juga memiliki harga yang bersaing. Disamping juga memastikan terpercayanya penjual yang menyediakan produk atau jasa tersebut.

Slideplayer.com
Slideplayer.com
Jika bekerjasama dengan perusahaan yang sudah terdaftar atau bisa dibilang langganan, maka proses bisnis B2B pun jauh lebih mudah dilakukan. Deal soal diskon dan perjanjian kerjasama lain pun sudah pasti lebih mudah tercipta dan pastinya menguntungkan.

Permasalahan muncul kala terdapat project-project khusus yang mengharuskan bekerjasama dengan perusahaan lain di luar perusahaan yang sudah terdaftar selama ini. Selain harus melakukan deal ulang terkait kerjasama termasuk term of payment yang pastinya memakan waktu lama, fit and proper test dalam hal kelayakan penyediaan barang dan jasa pun tentunya menjadi hal yang tidak efisien dan memakan waktu. 

Apalagi jika mengharuskan bertemu dengan penyedia barang berskala UMKM, maka semakin sulitlah melakukan kerjasama. Karena selain adanya kultur bisnis yang berbeda, pada kenyataannya masih banyak juga perusahaan yang belum sadar e-procurement, baik bagi perusahaan yang berperan sebagai pembeli maupun yang berperan sebagai penjual. Tak peduli pada skala apa perusahaan itu berada.

Insight.mbiz.co.id
Insight.mbiz.co.id
Gap sistem inilah yang terkadang juga semakin mempersulit proses bisnis antar perusahaan tersebut. Namun, disinilah Mbizmarket yang merupakan produk baru dari perusahaan penyedia jasa procurement, Mbiz, kemudian hadir dan menawarkan solusi B2B marketplace untuk belanja perusahaan.

Karena tak hanya memudahkan perusahaan mencari dan menyediakan barang atau jasa, para penjual yang masih menggunakan sistem tradisional pun dapat dengan mudah menawarkan barangnya tanpa harus ribet belajar sistem e-procurement yang mungkin menyulitkan. 

Kemudahan bertransaksi ala toko online inilah yang membuat Mbizmarket patut dilirik banyak perusahaan sebagai alternatif penyedia layanan barang dan jasa yang kompeten, terpercaya dan pastinya mudah digunakan.

Lantas, apa saja sih keuntungan lain dari Mbizmarket bagi penjual dan pembeli?

1.Kemudahan Akses dan Proses Transaksi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun