Mohon tunggu...
Yonathan Christanto
Yonathan Christanto Mohon Tunggu... Karyawan Swasta

Movie Enthusiast | Music Lover | Kompasiana Awards 2018 Nominee for Best in Specific Category

Selanjutnya

Tutup

Film Artikel Utama

"Furie" dan "Maria", Narasi Perjuangan Ibu di Tengah Kebangkitan Film Laga Asia Tenggara

31 Mei 2019   15:20 Diperbarui: 31 Mei 2019   23:07 0 6 1 Mohon Tunggu...
"Furie" dan "Maria", Narasi Perjuangan Ibu di Tengah Kebangkitan Film Laga Asia Tenggara
Gambar diolah dari Netflix.com

Jika John Wick Chapter 3 masih jadi bahan perbincangan banyak orang terkait deretan aksi memukaunya di layar lebar, maka di ranah platform streaming pun saat ini muncul 2 film laga yang masuk dalam tab "trending" di platform Netflix. Maka tulisan ini juga menjadi yang pertama kalinya bagi saya mengulas 2 film sekaligus yang memang secara materi hampir sama meskipun jelas berbeda. Jadi kalau tulisannya panjang, mohon maaf ya, heuheu..

Ya, film Furie asal Vietnam dan Maria asal Filipina saat ini menjadi 2 film Asia Tenggara populer dimana menghadirkan deretan aksi yang tak kalah memukau dengan film laga Hollywood lainnya. Baik Furie maupun Maria, memiliki pemeran utama seorang wanita yang dituntut untuk melakukan banyak adegan perkelahian yang cepat, brutal dan mendebarkan.

Dirilis di bioskop masing-masing negara sejak awal tahun ini, Netflix pun kemudian mengakuisisinya untuk didistribusikan ke berbagai negara di luar Filipina dan Vietnam. Netflix Indonesia pun kemudian mendapatkan jatah tayang kedua film ini.

Wellgousa.com
Wellgousa.com

Furie sendiri dibintangi oleh aktris cantik asal Vietnam, Veronica Ngo, yang selama ini juga sudah cukup dikenal di industri film Hollywood. Tercatat ada 3 film Hollywood yang turut dibintanginya yaitu Star Wars Episode VIII: The Last Jedi, Bright, serta Crouching Tiger,Hidden Dragon: Sword of Destiny. Dua film terakhir merupakan film yang eksklusif ditayangkan di platform Netflix.

Tak hanya itu, Veronica Ngo juga dikenal sebagai salah satu aktris laga berbakat Vietnam dimana film lokal yang turut dibintanginya semisal The Rebel(2007) dan Clash(2009), mendapatkan respon positif di Vietnam. Maka tak heran, akting laganya di film Furie kali ini nampak jauh lebih matang dan dewasa.

Netflix.com
Netflix.com

Berbeda dengan Veronica Ngo, Cristine Reyes yang menjadi karakter utama di film Maria justru berangkat dari film non laga. Cristine Reyes lebih dulu dikenal sebagai aktris spesialis film drama romantis Filipina.

Maka ketika dirinya diberikan tanggung jawab besar untuk menjadi karakter wanita yang lebih gahar, tentu menjadi tantangan tersendiri bagi dirinya. Publik Filipina pun kemudian dibuat penasaran akan bagaimana aksi yang ditampilkannya di film tersebut.

Lantas apa spesialnya kedua film yang kehadirannya ini cukup memuaskan dahaga para pecinta film laga asal Asia Tenggara ? Yuk, kita masuk ke pembahasannya.

Sinopsis

Entah disengaja atau tidak, baik Furie maupun Maria sejatinya memiliki jalan cerita yang bisa dikatakan hampir mirip. Bahkan tema besarnya pun tentang perjuangan seorang ibu yang berjuang mencari keadilan atas apa yang dilakukan si penjahat terhadap anak dan keluarganya.

Highonfilms.com
Highonfilms.com

Pada film Furie, Veronica Ngo berperan sebagai Hai Phuong, seorang ibu berstatus single parent yang hidup bersama putri semata wayangnya. Sebagai seorang mantan gangster, Hai Phuong kemudian mencoba menjalani kehidupan normalnya dengan menjadi seorang debt collector, dimana juga menjadikannya musuh banyak pihak.

Sebuah perdebatan hebat antara Hai Phuong dan para pengunjung pasar yang menuduh anaknya mencuri,  kemudian menyebabkan sang anak sedih dan berlari hingga lepas dari pantauannya. Tak lagi menemukan sang anak disampingnya, Hai Phuong pun kemudian mencarinya dan menemukan sang anak sedang ada dalam dekapan penculik.

Mengetahui ada yang tak beres, Hai Phuong pun kemudian mengejar mereka dan mengharuskannya beradu pukulan kembali dengan orang-orang jahat yang dulu dikenalnya. Namun tak hanya itu, semakin jauh Ia mencari sang anak, Ia pun semakin berhadapan dengan suatu hal yang mengerikan. Ya, Ia harus berhadapan dengan kartel penjualan organ demi menyelamatkan sang anak.

Binged.com
Binged.com

Sementara pada film Maria, Maria(Cristine Reyes) merupakan mantan anggota organisasi Black Rose yang melarikan diri dan mencoba untuk menjalani kehidupan normalnya. 7 tahun berselang, Maria pun memiliki hidup yang nyaris sempurna bersama suami dan satu orang anak perempuannya.

Namun pada sebuah kegiatan kampanye pemilihan gubernur di pusat kota, tanpa sengaja Maria dan anaknya terlihat di salah satu sudut gedung oleh para anggota Black Rose. Masih meminta pertanggungjawaban atas kelalaian tugasnya dulu, Maria pun kemudian dikejar oleh kawanan tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5