Mohon tunggu...
Yonathan Christanto
Yonathan Christanto Mohon Tunggu... Karyawan Swasta

Movie Enthusiast | Awardee Best in Specific Interest Kompasiana Awards 2019

Selanjutnya

Tutup

Tekno Pilihan

Pentingnya Sandisk di Tengah Tren "Mobile Photography"

24 April 2018   23:23 Diperbarui: 24 April 2018   23:38 0 0 0 Mohon Tunggu...
Pentingnya Sandisk di Tengah Tren "Mobile Photography"
hardwarezone.com

 

Saat ini fotografi menjadi kegiatan atau hobi yang jamak dilakukan oleh hampir setiap orang. Jika di masa lampau kegiatan ini hanyalah milik orang-orang tertentu dikarenakan sarana pendukungnya yang memang membutuhkan cukup banyak biaya, saat ini justru fotografi menjadi kegiatan dimana setiap orang bisa melakukannya dengan mudah dimana saja dan kapan saja. Tak perlu bekal kamera DSLR berharga belasan juta rupiah, cukup dengan modal smartphone seharga 2 juta rupiah pun kali ini setiap orang bisa menikmati keseruan hunting foto dimana saja.

Tren Mobile Photography

Tren mobile photography saat ini memang sedang berkembang di seluruh dunia. Kehadiran berbagai smartphone yang memiliki spesifikasi kamera mumpuni pun kini tak lagi hanya dimiliki produsen smartphone kelas atas. Produsen smartphone yang cenderung baru dan umumnya berasal dari Tiongkok pun gencar menyajikan berbagai model smartphone dengan kamera berspesifikasi tinggi layaknya smartphone flagship milik produsen smartphone premium, namun dengan harga yang sangat miring bahkan hingga 50%-70% lebih murah dari deretan smartphone premium.

kimovil.com
kimovil.com
Dengan kemudahan pengoperasian kamera pada smartphone, setiap orang pun tidak perlu menguasai berbagai teknik kamera seperti pada kamera DSLR misalnya. Cukup bidik, arahkan fokus, jepret, seketika foto pun tertangkap pada layar smartphone dengan hasil yang juga mumpuni. Jelas, segala kemudahan pada smartphone ini menjadi pengaruh dalam berkembangnya tren mobile photography di berbagai lapisan masyarakat di seluruh dunia.

Semakin Baik Hasil Foto, Semakin Besar Ukuran File Foto

palebog.com
palebog.com

Tidak bisa dipungkiri,semakin baiknya kualitas foto pada smartphone maka semakin besar juga file foto yang dihasilkan. Semakin tingginya resolusi gambar yang dihasilkan jelas akan membuat ukuran file foto tersebut "membengkak" dengan sendirinya. Apalagi dengan kehadiran berbagai aplikasi edit foto yang tersebar luas di toko aplikasi semacam play store dan app store, jelas akan membuat kita tertarik memainkan kreatifitas edit foto kita pada aplikasi tersebut. Dan seperti kita ketahui, jika foto sudah di edit, maka jelas akan menambah besarnya ukuran file foto tersebut dan pastinya menghasilkan double images pada galeri smartphone kita. Satu foto merupakan foto asli, sementara satu foto lainnya merupakan hasil foto yang telah di edit.

Jika sudah begini, pastilah storage smartphone kita akan disesaki oleh deretan foto-foto tersebut. Mau dihapus sayang, tidak dihapus pun malah menyulitkan diri sendiri karena tidak memiliki cukup ruang lagi untuk mengambil foto lainnya atau sekedar mengunduh gim ringan di smartphone.

Saya pribadi pun sangat menyukai mobile photography dan editing nya, dimana biasanya saya lakukan ketika traveling ataupun ketika mengunjungi tempat-tempat baru. Saya pun sejatinya memiliki kamera mirrorless, namun foto menggunakan smartphone tetap menjadi pilihan utama saya karena kemudahan serta kenyamanan yang dtawarkan.

instagram pribadi
instagram pribadi
Nah, diatas merupakan beberapa hasil mobile photography saya yang telah saya unggah ke media sosial Instagram. Sangat disayangkan jika file-file foto asli tersebut dihapus, hilang atau bahkan belum sempat di back up.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN