Mohon tunggu...
yonatan fredy
yonatan fredy Mohon Tunggu... Mahasiswa - yonyon

yo my name yon

Selanjutnya

Tutup

Money

Peran Manajemen Strategi di Masa Pandemi

18 Juni 2021   12:00 Diperbarui: 18 Juni 2021   22:38 615
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

pengarang: Yonatan fredy Hariyanto 

Universitas : Universitas Pamulang 

jurusan: Akuntansi 

Nim: 201011250302

Peran Manajemen Strategi di Masa Pandemi

Corona virus 2019 atau biasa dikenal dengan Covid-19 adalah penyakit penlurannya melalui kontak diantara manusia, sehingga para penyebarannya sangat cepat menyebar keseluruh dunia. Memunculkan rasa ketakutan serta kekhawatiran terhadap kesehatan bagi manusia dalam memicu agar dari pemerintah serta memutus mata rantai penyebarannya dengan cara melaksanakan pembatasan aktivitas sosial. Istilah New Normal kemudian diperkenalkan. Maka dari itu, adanya sebuah pergeseran dan tambahan peran dari Human Resources Management (HRM) yang ada di organisasi untuk menjadi lebih penting dalam membantu upaya pencegahan penularan Covid-19 bagi anggota organisasi terlebih menjaga kelangsungan hidup organisasi ditengah krisis Covid-19. Tulisan bertujuan mendiskusikan sebuah pergeseran peran HRM di masa pandemi covid-19 dalam menjaga stabilitas organisasi. Maka dari itu manajemen sangat berperan penting di masa pandemic semua serba terbatas, semua memiliki aturan tersendiri baik dari aturan berkerumun, diskusi atau sekolah. Ada beberapa peran manajemen untuk strategi di masa pandemicdiantara lain:

Strategi Bisnis

Perusahaan mempunyai organisasi bisnis yang berkembang dan tumbuh secara efektif namun didalam menjalankan sebuah kegiatan didalam usahanya mempunyai pegangan dan konsep produktivitas serta efektivitas. Kemudian tidak bisa dipungkiri jika berdiri organisasi bisnis merupakan sebuah pencapaian laba secara optimal. Langkah untuk mengunggulkan dalam sebuah persaingan adalah cara untuk menerapkan beberapa strategi pemasaran yang tepat pada sasaran dari segi kualitas, harga maupun daya saing tinggi atas produk yang akan dihasilkan.

Strategi bisnis yang tepat dalam memasarkan produk di masa pandemi covid19 ini ialah media elektronik terletak di antara konsumen dan produsen tidak bisa bertemu secara langsung di satu tempat namun mempunyai jangkauan pemasaran yang cukup luas (Ulya, 2020; Riyadi, Mahkota, & Suyadi, 2014; Kaplan, 2012)

Hasil penelitian dilakukan secara empiris yang dilaksanakan oleh Bastian (2015) kemudian memperoleh sebuah kesimpulan bahwa adanya pemanfaatan teknologi informasi dengan perantara media sosial adalah sebuah strategi yang tepat untuk memasarkan hasil produksi yang tidak ada batasannya walaupun dengan tetap memperhatikan neraca keuangan perusahaan.

Media Sosial

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun