Mohon tunggu...
Alvin Syahputra
Alvin Syahputra Mohon Tunggu... Freelancer - Mahasiswa UKSW Salatiga

Mahasiswa UKSW Salatiga Tahun 2019 Fakukltas pertanian dan bisnis Prodi Agroteknologi

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Daun Pisang Hanya Formalitas Kebudayaan?

30 November 2021   09:40 Diperbarui: 30 November 2021   09:45 99 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi kue bugis./Copyright shutterstock.com

Tanaman pangan adalah tanaman yang digunakan untuk kebutuhan pangan dan yang dibutuhkan tentunya rasa, kandungan, dan juga keunikan dari pangannya. Kebutuhan akan pangan yang sangat beragam tersebut tentunnya memicu kreativitas manusia dalam mengolah pangan yang ada dari segi rasa, aroma, warna, dan juga keunikan lainnya.

Salah-satu kreativitas masyarakat khususnya di Indonesia adalah menggunakan daun pisang untuk membungkus makanan baik untuk dikukus, dipanggang, dan teknis pengolahan lainnya. Pisang sendiri merupakam salah-satu pangan yang dikonsumsi hampir semua orang baik dari buahnya maupun jantung buahnya. Namun, dikarenakan kreativitas manusia yang tidak terbatas daun pisang pun dimanfaatkan dalam pengolahan pangan.

Pengolahan pangan menggunakan daun pisang merupakan suatu budaya tradisional dari masing-masing daerah, sehingga terkadang di beberapa daerah memiliki fungsi atau teknis yang berbeda dalam pengolahan daun pisang untuk pangan. 

Saya sendiri berasal dari pulau Nias sering menemukan banyaknya masyarakat yang menggunakan daun pisang dalam pengolahan pangan. Salah-satunya di daerah saya sendiri adalah memanggang daging beserta bumbunya yang dibungkus daun pisang. 

Daging yang dibungkus bisa daging babi dan daging ikan yang tentunya Teknik memanggangnya lumayan rumit untuk mendapatkan kualitas rasa yang enak. Jika saya menyebutkan semua pengolahan daun pisang untuk pangan di daerah saya akan membuat artikel saya panjang sekali. 

Akan tetapi yang perlu diketahui adalah pengolahan daun pisang bukan hanya suatu kebudayaan yang sebatas formalitas yang dilakukan secara turun-temurun.

Berdasarkan tulisan (Wijayanti, 2020) ada empat manfaat menggunakan daun pisang sebagai pembungkus makanan antara lain :

1. Makanan diperkaya dengan antioksidan

Daun pisang ternyata mengandung nutrisi dan antioksidan yang tersimpan di serat-serat daunnya. Kandungan antioksidan ini pun diserap ketika mengolah makanan menggunakan daun pisang. Dengan adanya kandungan antioksidan pada makanan memberikan manfaat kepada tubuh dalam membantu melawan penyebab penyakit kanker

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan