Mohon tunggu...
yoksan maggang
yoksan maggang Mohon Tunggu... Mahasiswa - Yoksanmaggang@gmail.com

Terima yang telah mengunjungi profil saya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Pola Hidup Sehat Selama Masa Pandemi

29 Juli 2021   09:12 Diperbarui: 29 Juli 2021   09:56 28 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pola Hidup Sehat Selama Masa Pandemi
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Saat ini kita di gemparkan dengan merebaknya virus baru yaitu corona virus jenis baru (sar-co-2)dan penyakitnya di sebut coronavirus. Diketahui bahwa asal mula virus ini ber asal dari kota Wuhan. kemudia world Health Organitazion(WHO) memberi nama virus baru tersebut atau nama penyakitnya sebagai coronavirus 2019(COVID-19). Di negara tercinta kita ini salah satu negara yang mengalami kasus infeksi covid 19. Laporan resmi kementerian Kesehatan Indonesia hingga tanggal 27 juli 2021 dimana jumla kasus 3,24 juta sembuh 2,6 juta meninggal 86.835. Hingga sampai saat ini Indonesia masih berjuang untuk melawan virus covid 19. Setiap harinya kasus angka positif covid-19 bertamba.

Oleh karna itu masyarakat selalu diperingatkan pemerintahan untuk mengikuti protokol kesehatan karna hal tersebut menjadi keselamatan untuk kita semua. Tentu tidaklah mudah untuk menghentikan penyebaran covid-19 ini. maka dari itu mari kita sama-sama mencega terjadinya angka peningkatan penularan virus covid-19 ini dengan ttp menerapkan 5 M.

1. Mencuci Tangan: Rutin mencuci tangan hingga bersi. kapan kita harus mencuci tangan? . sebelum makan . setela menutup hidung atau bersin Untuk membunu virus dan kuman. 

2. memakai masker:Artinya kita menggunakan masker saat bepergian melakukan kontak dengan orang lain

3. menjaga jarak:kesehatan lainnya yang perlu dipatuhi adalah menjaga jarak. Protokol kesehatan ini dimuat dalam Keputusan Menteri Kesehatan RI dalam "Protokol Kesehatan Bagi Masyarakat di Tempat dan Fasilitas Umum Dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian COVID-19." Di sana disebutkan, menjaga jarak minimal 1 meter dengan orang lain untuk menghindari terkena droplets dari orang yang bicara, batuk, atau bersin, serta menghindari kerumunan, keramaian, dan berdesakan. 

4. menjaulah dari kerumunan:Selain tiga hal di atas, menjauhi kerumunan merupakan protokol kesehatan yang juga harus dilakukan. Menurut Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes), masyarakat diminta untuk menjauhi kerumunan saat berada di luar rumah. Ingat, semakin banyak dan sering kamu bertemu orang, maka kemungkinan terinfeksi virus corona pun semakin tinggi. Oleh sebab itu, hindari tempat keramaian terutama bila sedang sakit atau berusia di atas 60 tahun (lansia). Menurut riset lansia dan pengidap penyakit kronis memiliki risiko yang lebih tinggi terserang virus corona. 

5. mengurangi mobilitas:Virus penyebab corona bisa berada di mana saja. Jadi, semakin banyak dirimu menghabiskan waktu di luar rumah, maka semakin tinggi pula terpapar virus jahat ini. Oleh karena itu, bila tidak ada keperluan yang mendesak, tetaplah berada di rumah. 

Selain 5M kita juga di wajibkan tetap menjaga sitem kekebalan tubuh kita dengan melakukan 

1. Cukupi kebutuhan nutrisi:Melansir Help Guide, setiap hari tubuh meregenerasi sel kulit, otot, sampai tulang. Oleh sebab itu nutrisi menjadi sumber utama kebutuhan tubuh kita. Seseorang memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda-beda karena beberapa faktor, seperti jenis kelamin, usia, dan aktivitas yang sering dilakukan. Menurut peraturan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2019 Tentang Angka Kecukupan Gizi yang Dianjurkan untuk Masyarakat Indonesia yaitu, untuk laki-laki disarankan mengkonsumsi serat sebanyak 28-37 gram per hari. Sedangkan perempuan, perlu konsumsi serat sebanyak 27-32 gram per hari. 

2. perbaiki waktu tidur:Hal yang dapat kita lakukan untuk menerapkan pola hidup sehat adalah dengan cara memperbaiki waktu tidur. Kebanyakan seseorang memiliki jam tidur yang tidak cukup dikarenakan beberapa alasan. Padahal tubuh kita tentunya butuh istirahat yang cukup agar badan kembali segar dan bisa menjalankan aktivitas dengan semestinya. Dilansir dari National Sleep Foundation, direkomendasikan bahwa usia dewasa muda (18-25 tahun) membutuhkan waktu tidur 7-9 jam per malam. Orang yang tidak memiliki waktu tidur cukup berpotensi terkena penyakit mematikan, seperti kanker dan jantung. 

3 Berpikir Positif:Pola hidup sehat tidak hanya tentang fisik tetapi juga dengan kebutuhan mental kita. Memiliki banyak tekanan akan membuat pikiran kita menjadi stress, oleh sebab itu sangat dianjurkan untuk berpikir positif. Berpikir positif dapat membuat hati kita menjadi tentram dan dapat mengalahkan berbagai penyakit termasuk saat kita sedang mengalami tekanan. Dengan mengubah cara berpikir menjadi positif, maka kesehatan mental kita akan menjadi lebih baik.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN