Mohon tunggu...
Yohanita TitinSetiawati
Yohanita TitinSetiawati Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

@kkn_yohanitats__

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Media Pembelajaran Interaktif dalam Rangka Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Selama Pembelajaran Daring

29 Juli 2021   00:13 Diperbarui: 29 Juli 2021   00:23 104 1 0 Mohon Tunggu...

Kondisi Indonesia saat ini ini terhitung semakin parah dengan peningkatan angka covid yang terus meningkat. Berita kematian terus terdengar terkhusus di salah satu kecamatan di Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Pada masa awal pandemi kondisi Kuningan tidak separah ini, Namun beberapa bulan belakangan ini, kabar masyarakat yang positif covid dan juga kabar kematian terasa semakin sering beredar.  Dengan kondisi seperti ini masyarakat harus terus bertahan dan jangan sampai menyerah dengan keadaan ini . 

Dampak Pandemi covid 19 berimbas kepada seluruh   sektor, salah satunya adalah pendidikan. Pendidikan merupakan salah satu tombak kesuksesan  untuk  mencerdaskan kehidupan Bangsa. Walaupun kondisi saat ini ini tidak memungkinkan untuk melakukan kegiatan pembelajaran di dalam sekolah, pendidikan masih bisa dilaksanakan dengan jarak jauh. 

Pendidikan jarak jauh atau pembelajaran daring merupakan salah satu  penanggulangan dampak pandemi covid 19, karena dengan begitu pendidikan dapat terus berjalan walau harus dilakukan dalam jaringan. Begitu pula yang terjadi di Kabupaten Kuningan, di salah satu Kecamatan yang terletak di kaki gunung ciremai yaitu Kecamatan Cigugur, terdapat salah satu sekolah menengah pertama yang yang menerapkan pendidikan jarak jauh  yaitu SMP Yos Sudarso Cigugur. 

Dalam rangka menanggulangi dampak pandemi covid 19 Mahasiswa UPI Menjadikan SMP Yos Sudarso Cigugur sebagai sasaran dari kegiatan kuliah kerja nyata 2021.  KKN ini dilakukan secara daring, demi meminimalisir interaksi secara langsung. KKN tematik ini dilakukan terhitung sejak awal bulan Juli sampai  dengan akhir Juli

Sebenarnya saat ini SMP Yos Sudarso Cigugur sudah memiliki fasilitas berupa akun Google Suite sekolah sendiri yang dapat mendukung dalam proses pembelajaran daring, namun  dalam penerapan Pembelajaran daring ini tentu saja dapat memberikan pengaruh baik itu positif maupun negatif.

Salah satu dampak yang terjadi adalah motivasi siswa dalam belajar menurun, siswa bukan tidak ingin belajar, namun beberapa alasan yang kami dapatkan dari siswa adalah terkadang siswa merasa  mengantuk saat kelas berlangsung. 

Dengan kondisi pembelajaran yang dilakukan dari rumah terkadang siswa mungkin merasa bosan dan juga mengantuk dan menjadi  agak  malas saat mengerjakan tugas. Sebenarnya dalam pembelajaran daring ini seluruh komponen harus saling berpartisipasi mulai dari siswa, guru, dan juga orang tua siswa. Karena jika luring setengah hari siswa bertemu dengan guru sehingga dapat diawasi secara langsung oleh guru namun saat daring hampir sehari penuh siswa bertemu dengan orang tua sehingga yang dapat mengawasi secara langsung adalah orang tua. 

 Namun sekolah juga tidak menutup telinga dengan keadaan  motivasi siswa yang menurun. Guru-guru di SMP Yos Sudarso Cigugur merencanakan pembelajaran maksimal mungkin media pembelajaran yang lebih interaktif. Dengan adanya program KKN di SMP Yos Sudarso Cigugur mahasiswa UPI membantu guru dalam membuat dan juga merencanakan pembelajaran yang yang interaktif antara guru dan juga siswa ,seperti dengan dan juga beberapa media pembelajaran yang melibatkan siswa agar lebih banyak berbicara ataupun melakukan kegiatan saat pembelajaran sehingga siswa dapat melupakan rasa bosan dan ggantuk saat belajar. 

Sebenarnya rencana awal pembelajaran di SMP Yos Sudarso untuk semester ganjil ini adalah luring namnu dengan beberapa alasan salah satunya adalah dengan adanya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat sehingga kegiatan belajar tatap muka tidak dapat dilaksanakan. Dan SMP Yos Sudarso Cigugur menerapkan pembelajaran Hybrid learning sebagai konsep pembelajaran jarak jauh yaitu pembelajaran langsung atau tatap muka yang dilakukan secara sinkronus dalam waktu yang sama dan tempat yang berbeda.  

Nah ah dengan Pembelajaran hybrid learning ini maka pembelajaran akan lebih interaktif karena siswa dan guru dapat bertemu langsung walaupun dalam tempat yang berbeda tapi waktunya akan tetap sama. Sehingga dengan begitu mahasiswa UPI membantu guru dan juga sekolah dalam membuat media pembelajaran yang lebih interaktif Dan bisa meningkatkan kemauan belajar siswa Seperti video pembelajaran, quizizz, kahoot, class point dan juga rencana pembelajaran yang dapat membantu Siswa lebih banyak berbicara atau berinteraksi satu sama lain

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x