Mohon tunggu...
Yohanes RusarioBaskoro
Yohanes RusarioBaskoro Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UNPAR

Hobi saya membaca novel/komik

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengalaman Program Wajib Hominisasi UNPAR

10 Desember 2022   13:33 Diperbarui: 10 Desember 2022   13:47 54
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Saya sekarang sedang berkuliah di UNPAR sebagai mahasiswa angkatan 2022 dari jurusan Hubungan Internasional fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Saya mengikuti program hominisasi yang menjadi kegiatan wajib di UNPAR sebagai syarat kelulusan. Melalui program tersebut saya belajar lebih dalam mengenai negara Indonesia. Mengetahui lagu kebangsaan Indonesia yaitu Indonesia Raya 3 stanza, lalu mengenal lebih dalam tentang budaya-budaya Indonesia yang mulai tergerus oleh budaya-budaya luar melalui video-video yang telah diberikan. Setelah itu saya diberi tugas untuk menafsirkan pandangan saya mengenai hal-hal tersebut dan saya juga cukup bersemangat dalam mengerjakan karena topik yang dibahas merupakan bidang yang saya sukai.

Rangkaian acara mulai berlanjut ketahap berdinamika bersama secara online melalui zoom, kita diajak untuk lebih mengenal negara kita dan mengenal topik yang telah disediakan untuk kita. Misalkan topik yang diberikan kepada saya waktu itu adalah tentang Hari Guru Nasional, saya diminta untuk menjelaskan bagaimana hari nasional tersebut bisa terjadi dan bagaimana kelebihan serta kelemahan dari hari nasional melalui presentasi singkat. Setelah itu kita menutup acara program hominisasi tersebut. Dengan program tersebut, saya mendapat pelajaran baru mengenai pentingnya kecerdasan, logika, dan bahasa dalam kehidupan sehari-hari. Melakukan hal-hal tersebut dapat menjaga identitas diri kita sebagai warga negara dan juga sebagai bentuk menjaga identitas nasional negara.

Melalui rangkaian acara tersebut, saya belajar banyak hal seperti kita sebagai manusia yang bernegara harus bisa berbahasa yang baik dan benar, karena bahasa merupakan identitas penting untuk setiap negara. Kita juga harus menjunjung tinggi nilai kewarganegaraan dengan cara berpikir secara cerdas dan sesuai logika, karena rakyat yang cerdas dan berpikir logis adalah rakyat yang tidak mudah di adu domba oleh pihak asing. Hal ini bisa diterapkan dalam kehidupan seperti carilah sumber informasi yang benar-benar terpercaya, belajar menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, serta mulailah belajar untuk mengenal dan mengembangkan budaya-budaya lokal agar bisa dikenal secara nasional maupun internasional. Sekian cerita pengalaman saya mengikuti program Hominisasi UNPAR, semoga pengalaman saya dapat berguna untuk anda memahami program wajib Hominisasi yang diselenggarakan oleh UNPAR.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun