Mohon tunggu...
Yohanes Ishak
Yohanes Ishak Mohon Tunggu... Jurnalis - Penulis Olahraga, Hiburan, dan lain-lain

1 Korintus 10:13 || Jika ingin bekerjasama atau menulis ulang konten yang saya buat, silahkan hubungi email: Yohanes.Ishak92@gmail.com ||

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Apa Jadinya Jika Dunia Tanpa Internet?

4 Juli 2022   11:12 Diperbarui: 4 Juli 2022   11:22 137 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi dunia tanpa internet (Foto: Screenshot google).

Dalam sehari, berapa jam kita memakai internet sebagai sumber informasi? Pernahkah dalam satu minggu atau paling tidak tiga hari penuh kita tidak memakai internet sama sekali?

Pastinya sulit sekali bukan, kecuali bagi mereka yang sedang liburan naik gunung atau masyarakat pedalaman yang pastinya tidak terlalu membutuhkan internet sebagai bagian dari kebutuhan aktivitas sehari-hari.

Sebelum melangkah lebih jauh, tahukah para Kompasianers, sejak kapan internet muncul di planet bumi ini?

Sejarah mencatat, jika internet sudah ada di dunia dengan usia lebih dari 50 tahun atau tepatnya di tahun 1969.

Kita sendiri pastinya sudah bertahun-tahun lamanya merasakan jika Manfaat Internet itu sangat penting dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Terlebih, bagi kita yang memakai jagoannya Internet Indonesia, yakni IndiHome yang merupakan produkan dari Telkom Indonesia, pasti sudah sangat terbantu sekali bukan dalam menggali informasi?

Jujur saya sendiri mungkin hanya bisa bertahan satu atau dua hari saja jika tidak ada internet.

Sempat terpikir, bagaimana ya kalau zaman tidak berubah dan berkembang dari masa lampau, sehingga jika harus mencari sumber informasi kita harus mencari buku atau membaca koran di tempat-tempat tertentu.

Kurang lebih sekitar 17 tahun lalu, saat saya masih menjadi pelajar sekolah (wah berasa banget sudah tua :D), kala itu kebutuhan untuk memakai internet buat saya masih tidak terlalu penting.

Biasanya kalau mau cari berita olahraga, saya masih terbiasa untuk membaca koran atau majalah atau bisa juga dengan menonton televisi. Orangtua saya pun masih berlangganan koran harian Kompas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan