Mohon tunggu...
Yohanes JattiNugroho
Yohanes JattiNugroho Mohon Tunggu... Mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Ibu Budi ke Tepi Jurang Ayah Budi Makan Semangka Hai Kalian Selamat Datang Jangan Lupa Bahagia !

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Menjadi Jurnalis Kala Majunya Akses Informasi

25 Maret 2021   01:45 Diperbarui: 25 Maret 2021   01:54 55 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menjadi Jurnalis Kala Majunya Akses Informasi
laptop-605b8abfd541df19482ce642.jpg

Informasi adalah hal yang selalu melekat dalam setiap detiknya waktu kehidupan manusia. Informasi akan selalu mengalami sirkulasi mengikuti peran manusia dalam mengolah informasi. Beragam peran di masayarakat dalam keterlibatannya dengan informasi seperti manusia sebagai konsumen informasi juga manusia sebagai produksi informasi. Selain itu, manusia juga turut berperan atas kemajuan pengelolaan informasi hingga saat ini. bukan hal yang asing ketika kita membicarakan informasi dengan jurnalis. 

Jurnalis adalah salah satu profesi yang selalu bersentuhan dengan informasi. Jurnalis mengambil banyak peran dalam berbaurnya informasi di masyarakat. Jurnalis begitu erat hubungannya dengan informasi, jurnalis dapat meresap informasi, mengolah informasi, dan  memproduksi informasi. Jurnalis menjadi sebuah profesi yang begitu hebat ketika saat ini melihat bahwa segala sesuatu yang dibutuhkan adalah informasi.

JURNALIS SAAT INI

Sebelum kita melihat bagiamana gambaran jurnalis di masa lampau, alangkah baiknya membahas bagaimana berkembang jurnalis saat ini. 

Teknologi banyak memberi dampak bagi kemajuan saat ini, terutama dalam bidang informasi. Banyak sekali media yang membuka diri atau mengajak masyarakat untuk terlibat dalam produksi informasi.Hal ini dimaksudkan bahwa masyarakat saat ini juga mempunyai akses untuk terlibat dalam menyampaikan informasi. Masyarakat diberikan wadah oleh media untuk dapat turut serta berdinamika dalam tugas jurnalis meskipun profesi masyarakat bukan sebagai jurnalis.

literasi2-5ae1fb3816835f64b84d60b4-5f1e8036097f3660b2123bb2-605b8ac6d541df18da3f3392.jpg
literasi2-5ae1fb3816835f64b84d60b4-5f1e8036097f3660b2123bb2-605b8ac6d541df18da3f3392.jpg
Banyak contoh yang dapat digambarkan saat ini terkait peran masyarakat dalam melaksanakan tugasnya memproduksi informasi, salah satunya adalah terbukanya Brisik.id bagi semua kalangan  untuk berkarya. Brisik.id mengajak masyarakat dari smeua kalangan untuk ikut serta menyampaikan informasi traveling (wisata, kuliner dan sebaginya) pada daerah tempat masyarakat tinggal. Hal ini menunjukan bahwa, produksi informasi bukan lah hanya dilakukan oleh seorang profesi jurnalis tetapi masyarakat pun juga dapat turut serta untuk seolah menjadi jurnalis. 

JURNALIS SAAT DULU

Jika saat ini masyarakat juga turut serta dalam produksi informasi,berbeda dengan saat dulu yang hanya dapat dilakukan oleh seorang jurnalis. Masyarakat hanya sebagai knsumen informasi melalui media oleh para jurnalis. Masyarakat menyaksikan televisi, membaca koran, majalah untuk mendapatkan informasi hasil liptan para jurnalis. Masyarakat cenderung terpaku pada informasi yang disampaikan. 

menghadapi-era-disrupsi-jurnalistik-605b8acfd541df19e86d9182.jpg
menghadapi-era-disrupsi-jurnalistik-605b8acfd541df19e86d9182.jpg
Dahulu, televisi dan media lain hanya berfokus pada menginformasikan fakta-fakta hasil liputan jurnalis. Hal ini menggambarkan bahwa tugas liputan dan produksi informasi hanya dapat diduduki oleh profesi-profesi tertentu dan berpegang erat pada kode etik jurnalistik, sedangkan masyarakat awam justru hanya akan duduk dan menanti kabar informasi melalu media yang tersedia. 

PERBANDINGAN MEDIA

Perbandingan yang dirasakan sangatlah jauh dan sangat bisa dirasakan. Saat dahulu informasi begitu banyak disampaikan melalui televisi, radi, koran, majalah yang sangat diminati masyarakat dahulu karena itulah satu-satunya media tercanggih saat dahulu. Namun saat ini Masyarakat memiliki akses teknologi digital yakni smartphone. Smartphone menjadi sebuah paket sempurna bagi masyarakat untuk menerima informasi secara mudah dan terkadang melibatkan diri dalam menginformasikan sesuatu. Kemajuan digital semakin menunjukan bagaiman kebebsan masyarakat untuk mengakses informasi tanpa harus mengamati televisi, mendengarkan radio, membaca koran dan majalah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN