Mohon tunggu...
Yohana OktavianiLavan
Yohana OktavianiLavan Mohon Tunggu... Mahasiswa - To beyond and infinity

Mahasiswa S1/Pendidikan Kewarganegaraan Universitas Pendidikan Indonesia Angkatan 2018

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Penguatan Pembelajaran Daring oleh Mahasiswa KKN UPI di SD Negeri Pakuhaji

29 Juli 2021   18:20 Diperbarui: 6 Agustus 2021   22:47 130 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Penguatan Pembelajaran Daring oleh Mahasiswa KKN UPI di SD Negeri Pakuhaji
Dokumen pribadi

Latar Belakang

Pandemi COVID-19 memberikan dampak yang begitu besar terhadap berbagai aspek kehidupan, salah satunya di bidang pendidikan. Tercatat, pandemi COVID-19  ini telah  berdampak  pada  646.192  satuan  pendidikan di Indonesia, 68.801.708 peserta didik, dan 4.183.591 pendidik mulai dari jenjang Pendidikan Anak Usia Dini sampai Pendidikan Tinggi, Pendidikan Khusus, Pendidikan Vokasi, Pendidikan Masyarakat, Kursus dan Pendidikan Keagamaan (Kemendikbud, 2020). 

Berdasarkan pernyataan tersebut dapat diketahui bahwa pendidikan harus berjalan dalam keadaan apapun. Upaya mengurangi angka penyebaran COVID-19 dan agar kegiatan pendidikan dapat berjalan seperti biasanya maka pemerintah melakukan kebijakan dalam sistem pendidikan dilakukan secara online atau sistem dalam jaringan (daring) sejak bulan Maret 2020. 

Sistem pembelajaran tersebut dilakukan tanpa tatap muka secara langsung, melainkan dilakukan dengan sistem pembelajaran jarak jauh. Kebijakan pemerintah yang mengharuskan pembelajaran dilakukan secara online atau daring merupakan PPKM di bidang Pendidikan dalam masa pandemi COVID-19. Pelaksanaan pembelajaran daring dilakukan di rumah masing-masing, sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19.

Berdasarkan kondisi tersebut diperlukan sebuah penanganan strategis dan mendesak untuk memulihkan dunia pendidikan di Indoensia. Perlu disadari bahwasanya pemerintah tidak bisa bekerja sendiri dalam menangani dampak dari wabah COVID-19 ini. Maka perlu ada kerjasama dari seluruh elemen masyarakat untuk mencegah dan menanggulangi dampak COVID-19, termasuk perguruan tinggi.

Universitas Pendidikan Indonesia sebagai perguruan tinggi yang berada di wilayah Jawa Barat ikut berkontribusi dalam pencegahan dan penanggulangan dampak COVID-19. 

Salah satu kontribusi Universitas Pendidikan Indonesia dalam pencegahan dan Penanggulangan dampak COVID-19 melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik MDBPE-MBKM Semester Genap Tahun Akademik 2020/2021 yang dilakukan oleh mahasiswa. Sebagai program yang sudah cukup lama dilaksanakan dan dikembangkan di lingkungan Universitas Pendidikan Indonesia, pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Tematik dijadikan sebagai wahana belajar dan pengabdian mahasiwa kepada Masyarakat. 

Pada massa Pandemi COVID-19 ini KKN Tematik difokuskan pada pencegahan dan penanggulangan dampak COVID-19 di bidang pendidikan. Dengan demikian diharapkan melalui KKN Tematik Pencegahan dan penanggulangan dampak COVID-19 maka mahasiswa dapat berkontribusi nyata untuk mengatasi masalah di bidang pendidikan dan sekaligus memberikan edukasi mengenai PPKM di masa Pandemi Covid- 19.

Tujuan

Tujuan Umum

  • Menguatkan program pencegahan dan penanggulangan dampak COVID-19 yang dilakukan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.
  • Mendukung dan menguatkan penanggulangan dampak COVID-19 di bidang pendidikan pada masa PPKM yang dilakukan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.
  • Meningkatkan kepedulian Civitas Akademika UPI dalam pencegahan, penularan dan penanggulangan dampak COVID-19 di bidang pada masa PPKM.
  • Mengimplementasikan Kuliah Kerja Nyata Tematik UPI dalam Pencegahan dan Penanggulangan Dampak COVID-19 di Bidang Pendidikan Masa PPKM.
  • Mengedukasi peserta didik dan orang tua mengenai pencegahan dan dampak COVID-19 di bidang pendidikan melalui pendampingan pembelajaran.

Tujuan Khusus

  • Meningkatkan pemahaman siswa mengenai pencegahan dan dampak COVID-19 di bidang pendidikan melalui media pembelajaran.
  • Membantu dan menguatkan proses pembelajaran daring yang dilakukan oleh guru dan sekolah di tingkat pendidikan SD/MI.
  • Mendampingi orang tua dan siswa di dalam pelaksanaan pembelajaran daring pada tingkat pendidikan  SD/MI.
  • Mempraktekkan pembuatan media edukasi pencegahan, penanggulangan dampak COVID-19 di bidang pendidikan bagi guru dan siswa melalui media pembelajaran.
  • Mempraktekkan pembuatan media edukasi pencegahan, penanggulangan dampak COVID-19 di bidang pendidikan
  • Mensosialisasikan pencegahan, penanggulangan dampak COVID-19 di bidang pendidikan menggunakan media edukasi.
  • Membangun kerjasama dengan media online dan media elektronik untuk mempublikasikan pelaksanaan/hasil Kuliah Kerja Nyata Tematik Pencegahan dan Penanggulangan Dampak COVID-19 di Bidang Pendidikan pada Masa PPKM melalui media sosial.
  • Membuat video program penanggulangan dampak COVID-19 di bidang pendidikan untuk dipublikasikan ke media sosial.
  • Membuat artikel tentang pelaksanaan dan hasil program Kuliah Kerja Nyata Tematik Pencegahan dan Penanggulangan Dampak COVID-19 di Bidang Pendidikan pada Masa PPKM yang dipublikasikan melalui media sosial.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x