Mohon tunggu...
Yohana Sue
Yohana Sue Mohon Tunggu... Guru - BIARAWATI KONGREGASI SUSTER PIJ

Sr. Kalista, PIJ ( Yohana Sue) Konggregasi suster PIJ ( Sang Timur ) IG : kalista_sr_pij Youtube : Joana Kalista Domisili di Semarang

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

KKN UPGRIS " Hari pertama beraksi bersama anak - anak usia dini" di Kecamatan Pedurungan RT 05 / RW 05.

28 Januari 2021   10:41 Diperbarui: 28 Januari 2021   11:31 374
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kuliah kerja nyata Universitas PGRI Semarang kali ini mengambil tema " Pemberdayaan Masyarakat melalui Duta Perubahan perilaku Pencegahan Covid - 19  pada masa adaptasi baru, tema ini diangkat berhubungan dengan kondisi yang kita alami saat ini, sehingga dari pihak kampus mengharapkan mahasiswa sebagi orang muda dan juga masa depan bangsa mampu ikut ambil bagian untuk mencegah wabah ini dengan kemapuan yang sudah dimiliki selama masa kuliah. Kegiatan KKN ini berlangsung secara individu dan tertib mematuhi protokol kesehatan namun tetap  membuat solusi untuk masyarakat yang kita kunjungi. 

Saya Yohana Sue  mahasiswa PGPAUD yang menjalani KKN di kecamatan Pedurungan RT 05/RW 05, kegiatan hari pertama  saya fokuskan untuk anak usia dini sebagai basic jurusan saya, saya mengumpulkan anak - anak dari RT tersebut sebanyak 8 anak, lokasinya di tempat tinggal saya sendiri tetap mematuhi protokol kesehatan. Dalam perjumpaan bersama anak - anak ini hal yang pertama diberikan kepada anak adalah pengetahuan tentang apa itu Virus Corona / Covid - 19, bahaya dan cara mencegahnya. 

Kemudian secara spesifik saya berbicara tentang 3M dan langkah yang baik untuk mematuhi 3 M yaitu lathan terus menerus sehingga menjadi kebiasaan terutama menggunakan masker karena bagi anak usia dini belum terbiasa menggunakan masker dengan alasan merasa panas, keringatan dan sesak napas, tugas saya adalah memberikan pengertian tentang hal ini dan sebagai lanjutannya akan saya pantau setiap harinya. 

Hal berikutya adalah tentang langkah - langkah mencuci tangan yang baik, hal ini dilakukan dengan menonton video terlebih dahulu kemudian mempraktekkan secara bersama tanpa menggunakan air dan dilanjutkan satu persatu praktek mencuci tangan sesuai dengan 9 langkah cuci tangan yang baik dan benar. Dari kegiatan tersebut saya merasa bersyukur karena boleh berbagi ilmu bersama ank- anak, mereka bisa mengikuti kegiatan tersebut dengan baik dan benar, merasa gembira dan  betah belajar bersama saya.

Harapan saya kedepannya bisa saya pantau setiap hari anak - anak tersebut untuk memastikan penggunaan masker setiap harinya sembari memberi pengertian bahwa hal tersebut merupakan salah satu cara pencegahan Covid - 19, Selain itu juga mengingatkan unutk selalu cuci tangan dan berjaga jarak ketika berada ditempat yang ramai. SALAM SEHAT! SALAM DUTA PERUBAHAN


Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun