Mohon tunggu...
Yogi Raka Siwi
Yogi Raka Siwi Mohon Tunggu... Angka Nol

Angka Nol

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Pentingnya Meningkatkan Minat Siswa dalam Dunia Wirausaha

27 Juli 2020   05:16 Diperbarui: 27 Juli 2020   05:21 22 1 0 Mohon Tunggu...

Dosen Program Studi Agroindustri Fakultas Vokasi Untag Surabaya implementasikan salah satu Tri Darma Perguruan Tinggi dengan melakukan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan dilakukan sejak Februari hingga Maret 2020.

Kegiatan pengabdian dengan fokus pada pelatihan mengolah frozen food berbasis ikan dan penyuluhan persiapan menghadapi dunia kerja bagi siswa siswi Madrasah Aliyah Nurul Huda Sidoarjo tersebut dilakukan oleh Dwi Agustiyah Rosida, Ir., MS., sebagai ketua tim, Tiurma Wiliana Susanti P, Ir., MSi., M.M., dan Rini Rahayu Sihmawati, Ir., MP., M.M. sebagai anggota.

Ketua tim pengabdian Dwi Agustiyah menyampaikan bahwa, pengabdian ini dilatarbelakangi karena masih minimnya ketertarikan siswa siswi Madrasah Aliyah Nurul Huda Sidoarjo dalam berwirausaha. Tidak hanya itu, menurutnya pemahaman terkait dunia kerja juga perlu untuk ditingkatkan.

''Minat siswa siswi untuk berwirausaha masih rendah, demikian juga dalam hal keterampilan untuk mengolah produk pangan berbasis ikan masih terbatas. Di sisi lain pemahaman tentang dunia kerja juga masih kurang,'' ujar Dwi Agustiyah.

Lebih lanjut Dwi Agustiyah menambahkan, dari penyuluhan dan pelatihan yang telah dilakukan bersama timnya dapat disimpulkan bahwa, kegiatan tersebut mampu meningkatkan keterampilan siswa siswi Madrasah Aliyah Nurul Huda Sidoarjo, sehingga ke depannya diharapkan dapat membangkitkan semangat siswa siswi untuk berwirausaha dan mengembangkan produk olahan pangan berbasis ikan.

''Kegiatan penyuluhan dan pelatihan terbukti dapat meningkatkan keterampilan siswa siswi dalam membuat produk sosis dan bakso ikan yang cukup digemari anak anak sekolah. Di lain pihak kegiatan ini juga semakin membuka pemahaman siswa siswi mengenai tantangan setelah mereka lulus dan memasuki dunia kerja,'' ujar Dwi Agustiyah.

Jika dikaitkan dengan visi Madrasah Aliyah Nurul Huda Sidoarjo, maka hal di atas menjadi sangat relevan. Mengingat visi Madrasah Aliyah Nurul Huda Sidoarjo yaitu dapat mewujudkan pengembangan serta peningkatan pada sektor perikanan.

Author : Yogi Raka Siwi

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x