Bisnis

Pentingnya Peran UKM dalam PKH

2 Maret 2019   23:54 Diperbarui: 3 Maret 2019   00:23 71 1 1
Pentingnya Peran UKM dalam PKH
sumber https://www.goodnewsfromindonesia.id

      

Kemiskinan merupakan kondisi seseorang atau sekelompok  orang tak mampu memenuhi hak-hak dasarnya  untuk mempertahankan dan mengembangkan kehidupan yang bermartabat (Suharyanto, dalam Syawie, 2011). Tujuan umum PKH adalah untuk meningkatkan aksesibilitas terhadap pelayanan pendidikan,  kesehatan,  dan  kesejahteraan  sosial  dalam  mendukung  tercapainya  kualitas  hidup keluarga  miskin.  PKH diharapkan dapat mengurangi  beban  pengeluaran  keluarga miskin dalam jangka pendek serta memutus rantai kemiskinan dalam jangka panjang. 

Program Keluarga Harapan merupakan program yang bentuknya adalah pemberian dana tunai pada masyarakat, program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup.  Sebenarnya ini  adalah bentuk  pengentasan kemiskinan  namun model  ini  yang  melibatkan partisipasi masyarakat secara keseluruhan. Dimana pemerintah memiliki peran yang besar dalam menyediakan santunan minimal agar masyarakat dapat mencapai kualitas hidup minimal. oleh karena itu Program UKM sangat penting untuk masyrakat. 

Selain itu program tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan untuk jangka yang panjang .dan harapan untuk kedepan setiap orang mempunyai usaha sendiri dengan bantuan modal awal dari pemerintah. sehingga masyarakat tidak perlu cemas dalam hal keuangan. dengan bantuan awal pemerintah diharapkan masyarakat dapat lebih meningkatkan kualitas hidupnya. dan pemerintah harus selalu memberikan dukungan penuh di berbagai sektor harus diupayakan demi membantu kesejahteraan masyarakatnya .