Mohon tunggu...
Yoga SuryaWijaya
Yoga SuryaWijaya Mohon Tunggu... Mahasiswa Berkarya Indonesia Berjaya

Maju maju maju

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi Pilihan

Bonsai Mulai Digemari, Keuntungan Besar Siap Dinanti

25 Maret 2021   19:16 Diperbarui: 25 Maret 2021   19:41 180 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bonsai Mulai Digemari, Keuntungan Besar Siap Dinanti
Photo by Yoga Surya Wijaya

Pameran bonsai mulai diminati masyarakat, keuntungan yang didapat juga tidak main main. Pandemi Covid-19 masih belum reda, masyarakat membuat inovasi bonsai, melihat harga pasaran bonsai yang tinggi sebagian masyarakat pecinta tanaman hias mulai menekuni pembuatan tanaman hias bonsai. 

Bagi sebagian kalangan, khususnya mereka para pecinta tanaman pastinya tidak asing dengan istilah bonsai. Bonsai merupakan sebuah tanaman yang dikerdilkan atau dibuat sebuah miniatur dari suatu pohon yang dimana membuat pohon tersebut menyerupai pohon aslinya di alam. 

Saat ini banyak masyarakat yang mulai berminat untuk membuat bonsai ataupun juga untuk memilikinya. Rumit dan lamanya pembuatan bonsai membuat sebagian orang rela membayar mahal untuk dapat memiliki bonsai yang diinginkanya.

Pameran bonsai yang digelar dipasar Wage, Grogol 3, Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul menyedot perhatian masyarakat. Pameran bonsai yang dimulai pada sabtu, 20 Maret 2021 itu telah menarik perhatian masyarakat, tidak hanya masyarakat sekitar, namun juga masyarakat diluar daerah gunung kidul yang datang ke acara pameran dan bursa tersebut untuk melihat serta membeli bonsai. 

Pada pameran bonsai tersebut, setidaknya ada lebih dari 50 tanaman bonsai yang dipamerkan, serta lebih dari 100 tanaman bonsai yang masuk kedalam bursa jual beli. 

Pada bursa tersebut, sebuah bonsai berukuran besar milik salah satu kontestan pameran ditawar dengan harga sebuah mobil Toyota Avansa bekas. Tidak main main harga yang diajukan sangat fantastis untuk sebuah tanaman hias. 

Rizal salah satu panitia penyelenggara pameran dan bursa tanaman hias bonsai mengaku bahwa acara yang diadakan tersebut sudah menarik para pecinta bonsai untuk datang keacara tersebut, baik pecinta bonsai di area sekitar Pasar Wage maupun pecinta bonsai dari luar daerah yang memang jauh jauh datang untuk melihat pameran bonsai tersebut.

Pameran yang digelar selama satu minggu tersebut setidaknya telah memberikan keuntungan, khususnya keuntungan untuk masyarakat sekitar. Banyak masyarakat sekitar pasar Wage yang menjual berbagai macam makanan serta minuman, selain itu penyelenggara juga memberikan suguhan penampilan akustik atau juga band sebagai tambahan hiburan.

Bonsai memang memiliki pesonanya tersendiri, khususnya bagi mereka para peminatnya. Tanaman bonsai memiliki ukuran yang beragam, mulai dari ukuran 30 cm hingga 2 meter, tergantung dari jenis dan tumbuhan yang di pilih. Tidak semua jenis tumbuhan dapat dipakai untuk membuat bonsai. 

Namun beberapa bonsai juga dapa dibuat menggunakan tanaman liar. Misalnya, tanaman Waru, Pinus, Delima, Asam jawa, serta bonsai dari tunas kelapa. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x