Mohon tunggu...
X
X Mohon Tunggu... Y

Z

Selanjutnya

Tutup

Diary

Hidup Ini Pilihan dan Ini Pilihanku

24 Januari 2021   08:00 Diperbarui: 24 Januari 2021   08:17 78 21 2 Mohon Tunggu...

Hidup Ini Pilihan dan Ini Pilihanku

Ada banyak jalan di dunia ini. Aku memilih jalan sabar dan ikhlas. Dua-duanya berat dan penuh bebatuan.

Dalam tulisan ini aku akan fokus pada jalan sabar terlebih dahulu. Apa itu sabar? Mengapa aku harus bersabar?

Aku mendefinisikan sabar dengan jalan yang tenang. Menurut kamus besar bahasa Indonesia, sabar adalah tahan menghadapi cobaan (tidak lekas marah, tidak lekas putus asa, tidak lekas patah hati).

Mudah sekali berkata sabar ketika tidak sedang diuji. Ketika Tuhan memberikan sakit, maka di situlah letak sabar. Ketika mimpi tidak sesuai realita, maka di situlah letak sabar.

Apakah ketika Tuhan memberikan sehat, aku bisa tetap bersabar? Bersabar untuk istikamah beribadah. Bersabar untuk terus berbagi kebaikan.

Ternyata, sabar yang paling berat adalah saat aku sedang bahagia. Waktu sakit, aku banyak berdoa dan menjadi bijak. Namun, ketika sehat, aku perlahan melupakan Tuhan dan bertindak semaunya.

Dengan mata-Nya, aku memandang sesuatu yang tidak seharusnya kulihat. Dengan tangan-Nya, aku memegang sesuatu yang tidak seharusnya kupegang. Dengan kaki-Nya, aku berjalan ke tempat yang tidak seharusnya kutempuh.

Nanti, ketika kumati, mata, tangan, dan kaki akan menjadi saksi. Apa yang telah kuperbuat di dunia? Di situlah mulut tidak bisa berkata dan keadilan akan ditegakkan.

Melalui diari ini aku ingin menguatkan hati untuk memilih jalan sabar dan ikhlas. Ya, saling berbagilah. Syukur-syukur punya teman sefrekuensi yang bisa saling mengingatkan untuk tetap di jalan sabar.

Salam pemuda tersesat.

MLG, 24-1-2021
YGPRSTY

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x