Mohon tunggu...
X
X Mohon Tunggu... Y

Z

Selanjutnya

Tutup

Bola

Lika-liku Sepak Bola China yang Ingin Kuasai Dunia (2009-2021)

22 Januari 2021   08:00 Diperbarui: 22 Januari 2021   08:02 154 22 3 Mohon Tunggu...

Lika-liku Sepak Bola China yang Ingin Kuasai Dunia (2009-2021)

Ya, itu adalah impian yang sedang digagas Presiden Xi Jinping. Coba bandingkan dengan impian sebuah negara antah berantah yang liganya saja tidak jalan, infrastruktur terabaikan, hingga sponsor enggan memberi bantuan. Namun, impiannya adalah masuk empat besar piala dunia U-20. Hiks.

Impian China tersebut bukan sekadar bimsalabim abrakadabra, lho. Merujuk pada laman Pandit Football Indonesia, Presiden Xi Jinping membuat perencanaan yang matang dan panjang. Mari kita bedah bersama pencapaian apa saja yang sudah berhasil dilakukan China untuk mengejar impian mereka menguasai dunia bola.

2009

Wei Di bersama aktivis pencinta bola yang didukung para jurnalis setempat melakukan pemberantasan mafia pengaturan skor dan korupsi di tubuh CFA (Chinese Football Association). Sepertinya, akar masalah sepak bola China ialah maraknya mafia bola. Kongkalikong bandar judi, wasit, dan asosiasi bola membuat China gagal bersinar di bidang Bola.

2010

Nan Yong dan Yang Mimin, duo serigala eh duo petinggi asosiasi China ditangkap karena ketahuan melakukan kasus pengaturan skor. Sebenarnya, pencinta bola China sudah memprediksi kejadian ini ketika melihat film Shaolin Soccer. Memang film itu sangat satire dan relevan dengan fakta adanya pengaturan skor.

2011

Liga Super China kedatangan pemain bintang dunia bernama Nicolas Aneka. Inilah awal revolusi sepak bola Liga China. Setelah itu, para pemain bahkan pelatih kelas dunia berbondong-bondong bermain di China.

2012

Didier Drogba memasukkan China ke peta sepak bola dunia. Faktor utamanya adalah gaji yang fantastis. Banyak perusahaan China yang mengakuisi kepemilikan klub China, sehingga cuan mengalir deras ke kantong pemain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN