Mohon tunggu...
X
X Mohon Tunggu... Y

Z

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Dari Jepang Menuju Dunia Tak Kasatmata

21 Januari 2021   08:00 Diperbarui: 21 Januari 2021   07:59 83 19 2 Mohon Tunggu...

Dari Jepang Menuju Dunia Tak Kasatmata

Kisah Dunia Gaib (bagian 1)

Dua tulisanku tentang siluman di Jepang menjadi inspirasi dan jembatan menuju dunia gaib yang lebih dalam. Aku ingin membahas dunia gaib dan mencari hikmah dari keberadaan mereka. Tentu saja, tujuannya untuk menyebarkan informasi dan kesadaran bersama bahwa manusia tidak hidup sendirian di dunia ini.

Keberadaan makhluk tak kasatmata masih dipandang sebagai sesuatu yang fiktif bagi sebagian manusia. Namun, sebenarnya semua negara memiliki cerita beragam tentang mereka. Lantas, mengapa di negara barat seperti Jerman tidak ada hantu? Sebenarnya, ada tetapi mereka enggan menampakkan diri atau bisa jadi berkumpul di tempat-tempat tertentu. Misalnya, di Kastil Frankenstein atau Black Forest.

Kalau orang timur sudah pasti tidak asing dengan hal gaib. Dari Indonesia, Arab, China hingga Jepang, menyimpan sejarah dunia gaib yang kini banyak diangkat dalam film dan animasi. Sayangnya, image gaib digambarkan menakutkan oleh banyak orang.

Bayangan menakutkan tentang makhluk tak kasatmata memang tidak sepenuhnya salah. Hal tersebut karena yang ditampakkan oleh mereka memang yang seram-seram. Nah, melalui tulisan ini, aku mungkin akan sedikit berbagi kisah dunia gaib yang bukan sekadar menakut-nakuti. Namun, lebih pada aspek informatif saja. Berikut informasi singkatnya.

1. Dunia gaib memiliki banyak lapisan

Jika manusia mengenal stratifikasi sosial atau lapisan masyarakat, maka "hantu" juga punya. Secara ekonomi, ada yang berada di kelas atas (biasanya tinggal di dalam samudera atau puncak gunung). Ada juga makhluk gaib yang berada di kelas bawah (berbaur dengan manusia). Secara politik, ada yang menjadi penguasa (memiliki kerajaan) dan ada yang hanya menjadi budak  manusia (pesugihan).

Merujuk pada buku Kisah Tanah Jawa yang ditulis oleh Bonaventura Genta dan Mbah KJ, secara umum dunia makhluk halus memiliki sekitar 17 lapisan. Mereka telah menjelajah dan berhasil berkomunikasi sampai lapisan ke-11. Sayangnya, enam lapisan lain sukar ditembus karena lapisannya sangat samar.

2. Makhluk gaib bisa mengubah-ubah wujud aslinya

Seperti yang aku bahas di tulisan sebelumnya bahwa siluman adalah makhluk halus yang bisa berwujud manusia atau hewan. Suatu ketika, temanku melihat sosok manusia berbadan harimau berjalan di depan rumahnya. Suatu ketika pula, temanku melihat sosok perempuan misterius hadir di tengah malam. Ternyata, keduanya adalah satu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x