Mohon tunggu...
Yoga Prasetya
Yoga Prasetya Mohon Tunggu... Penulis - Penjelajah

Menulis buku: Kepada Toean Dekker (2018), Antologi Kalimats Koma (2019), Retrospeksi Sumir (2020), Semesta Sang Guru (2021), Romansa Kusuma (2022), Astronomi Hati (2023), Kipas Angin (2024)

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Rekomendasi 12 Lagu Pilihan Bulan November 2020: Tentang Hujan, Sepi, dan Misteri

3 November 2020   08:59 Diperbarui: 3 November 2020   09:07 350
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Canva Yoga Prasetya (foto Slank, sore, dan Ahmad Band dari Spotify)

Hari ini sejatinya saya sudah menulis sebuah artikel berjudul "Rekomendasi 12 Lagu Pilihan Bulan November 2020: Tentang Hujan, Sepi, dan Misteri". Artikel tersebut saya persembahan untuk 12 Tahun Kompasiana.

Namun, saya mendapatkan pesan cinta dari Kompasiana berupa pemberitahuan penghapusan artikel. Artikel rekomendasi tersebut terindikasi menjiplak, mengutip, menyalin tempel sebagian atau keseluruhan konten karya pihak lain.

Tak hanya penghapusan artikel, saya juga mendapatkan ultimatum cinta. Apabila saya melakukan pelanggaran maksimal empat kali lagi, akun Kompasiana saya otomatis akan terkena sanksi pembekuan. Dag dig dug, jantung saya berdetak kencang bersama keringat dingin yang tiba-tiba muncul.

Perlu diketahui bahwa artikel saya yang berjudul "Rekomendasi 12 Lagu Pilihan Bulan November 2020: Tentang Hujan, Sepi, dan Misteri" dibuat selama dua hari. Referensi artikel tersebut adalah pengalaman hidup saya sendiri,  lirik dari kapanlagi.com, dan beberapa kalimat dari artikel orang lain yang sudah saya modifikasi. Saya mengaku salah karena tidak menulis referensi tersebut.

Artikel berjudul "Rekomendasi 12 Lagu Pilihan Bulan November 2020: Tentang Hujan, Sepi, dan Misteri" akan saya tulis kembali dengan singkat dan hanya mengambil referensi dari pengalaman hidup saya sendiri. Berikut paparan singkat artikel tersebut.

Berbicara tentang bulan November, apakah para pembaca memiliki pengalaman indah di bulan kesebelas ini? Ada yang mengatakan bahwa bulan November selalu dipenuhi dengan hujan, sepi, dan misteri. Hal tersebut menginspirasi saya membuat satu kalimat puitis yang menjadi topik lagu bulan November 2020.

"Hujan selalu datang di bulan November membawa sepi dan misteri yang tersembunyi." - Yoga Prasetya

Nah, saya ingin merekomendasikan 12 lagu pilihan yang sesuai dan enak didengarkan di bulan November 2020. Mengapa hanya 12 lagu? Entahlah, mungkin seorang numerolog bisa menerjemahkan angka tersebut untuk saya. Semoga para pembaca terhibur dengan 12 lagu berikut.

1 Musim Ujan - Sore
Menurut saya, lagu ini adalah lagu terbaik band indie Sore yang cocok didengarkan saat hujan di bulan November 2020.

2 Terbunuh Sepi - Slank
Masih dengan latar hujan, Slank mengemas lagu ini dengan apik dan rasa kesepian yang mendalam.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun