Mohon tunggu...
Yoga
Yoga Mohon Tunggu... Relawan - Muhammad Prayoga Pratama

Hobi bermain game, Membaca buku atau cerita online ,dan menonton vidio tentang perang dunia

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Evaluasi Program Pendidikan Karakter di Bukit Lama

9 Oktober 2022   21:13 Diperbarui: 9 Oktober 2022   21:31 96
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Evaluasi pendidikan merupakan salah satu bentuk mekanisme sistem pendidikan yang bertujuan untuk meninjau ulang proses pendidikan yang telah dilaksanakan dalam beberapa kurun waktu tertentu. Tinjauan ulang tersebut dimaksudkan untuk memahami, menggali, serta mengoreksi proses pendidikan tersebut sehingga akan diketahui celah-celah kekurangan yang harus diperbaiki dan ditutupi.
Definisi yang lebih luas adalah bahwa evaluasi program merupakan proses untuk mengetahui dengan pasti wilayah-wilayah keputusan, memilih informasi yang tepat, mengumpulkan dan menganalisis informasi tersebut yang akan disajikan dalam bentuk data yang bermanfaat bagi pengambil keputusan.  Sejalan dengan definisi tadi, evaluasi program dimaknai sebagai proses untuk menjelaskan, mengumpulkan dan menyebarluaskan informasi guna mendeskripsikan atau memahami suatu program, atau mengambil keputusan yang bertalian dengan program tersebut
Pendidikan karakter sesungguhnya telah digagas semenjak berdirinya negara Republik Indonesia. Sejak awal kemerdekaan, Soekarno telah mengemukakan pentingnya membangun jati di bangsa melalui konsep National and character building dan Pancasila. Sejarah perkembangan pendidikan Indonesia juga menunjukkan upaya pembangunan karakter melalui pendidikan budi pekerti, Pedoman Penghayatan Pengamalan Pancasila (P4), Pendidikan Moral Pancasila (PMP), Pendidikan Kewarganegaraan, dan sebagainya. Artinya, pendidikan karakter bukan lagi hal baru dalam dunia pendidikan Indonesia.
sangat penting untuk dilakukan sebuah penelitian evaluasi terhadap implementasi program pendidikan karakter di sekolah. Cronbach dalam Tayibnapis (2008, p.8) menilai bahwa evaluasi yang baik harus dapat memberikan dampak positif pada perkembangan program. Artinya, perlu ada kesinambungan dari hasil penelitian terhadap perbaikan/pengembangan program atau memberi masukan rekomendasi untuk program selanjutnya. Dengan penelitian ini, dapat diketahui kutercapaikan program pendidikan karakter pada tingkat sekolah dasar di Kelurahan Bukit lama. Selanjutnya, dihasilkan rekomendasi baik untuk guru, sekolah, maupun pemerintah terkait dengan pengembangan atau perbaikan program pendidikan karakter.
Evaluasi program pendidikan karakter dilakukan dengan menetapkan kriteria tertentu sebagai pedoman dalam mengevaluasi program pendidikan karakter untuk mengetahui ketercapaian program. Kriteria tersebut disusun berdasarkan pada Pedoman Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa oleh Kemdiknas, yaitu pada Implementasi Pendidikan Karakter dalam KTSP dan Indikator Keberhasilan Sekolah dan Kelas dalam Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa oleh Kemdiknas (2010b, pp.15-18 dan pp.25-30).
Berdasarkan kriteria tersebut maka penelitian dilakukan pada; (1) kesiapan sekolah meliputi kurikulum, sarana prasarana pendukung pendidikan karakter, dan tenaga pendidik; (2) proses implementasi program pendidikan karakter baik dalam pembelajaran di kelas maupun kultur sekolah; (3) dukungan yang diberikan oleh Dinas Pendidikan kepada sekolah; (4) monitoring dan evaluasi implementasi pendidikan karakter; dan (5) kendala yang dihadapi dalam implementasi program pendidikan karakter.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun