Mohon tunggu...
Yoga Dwi
Yoga Dwi Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Pengalaman Dalam Mengakses Media Sosial

4 Mei 2021   23:23 Diperbarui: 4 Mei 2021   23:33 34 1 0 Mohon Tunggu...

Selamat malam teman teman kompasiana, perkenalkan nama saya Yoga Dwi Julistiono saya merupakan salah satu mahasiswa di Universitas Ahmad Dahlan yang mengambil jurusan Ilmu Komunikasi.Bagaimana teman temn puasa ramadhan dibulan ini? apakah lancar? semoga teman teman kompasiana semua diberikan kelancaran ya untuk menjalani puasa di bulan ini dan tidak lupa untuk menjaga kesehatan tubuh agar bisa menjalani puasa sampai akhir bulan ramadhan.

Saat ini kita hidup dijaman dimana tekhlogi sudah sangat berkebang dan juga canggih. Covid 19 yang sedang kita hadapi sangat menghasilkan dampak yang besar bagi media sosial. Kita sebagai mahasiswa untuk menjalani perkuliahan pun pasti menggunakan media sosial, tidak akan lepas sampai covid 19 hilang, karena sudah menjadi kebiasaan hidup bagi hampir semua manusia.

Pesatnya perkemabangan tekhnologi pada media sosial menjadikan media sosial sebagai sarana komunikasi yang sangat penting pada saat ini, karena penggunaannya yang sangat mudah dan juga bisa diakses dimana saja dan kapan pun. Karena perkembangan yang pesat ini media sosial bisa diakses hanya menggunakan telepon genggam sehingga bisa memudahkan penggunanya.

Kalian sebagai pengguna aktif media sosial apakah tau penegertian dari media sosial? sebaiknya harus tau ya teman teman jangan hanya menggunakannya saja. Menurut P.N. Howard dan M.R Parks (2012), media sosial adalah media yang terdiri atas tiga bagian, yaitu : Insfrastruktur informasi dan alat yang digunakan untuk memproduksi dan mendistribusikan isi media, Isi media dapat berupa pesan-pesan pribadi, berita, gagasan, dan produk-produk budaya yang berbentuk digital, Kemudian yang memproduksi dan mengkonsumsi isi media dalam bentuk digital adalah individu, organisasi, dan industri.

Pada saat ini media sosial merupakan cara baru bagi manusia untuk berkomunikasi. Hal ini berpengaruh pada berbagai hal, salah satunya adalah perdagangan. Media sosial merupakan cara baru bagi orang orang untuk berjualan, sudah banyaknya platform untuk berjualan merupakan suatu keuntungan bagi beberapa pedagang. Dengan adanya meduia sosial, para pedagang tidak perlu membuka lapak untuk berjualan karena menyewa suatu tempat untuk berjualan saja sudah mengeluarkan dana yang lumayan besar.

Saya pernah mencoba berjualan kaos menggunakan media sosial. Mungkin saya salah satu orang yang kurang beruntung untuk berjualan menggunakan media sosial, karena barang yang saya jual ternyata sudah banyak yang menjualnya selain saya. Tetapi, bagi orang yang beruntung berjualan menggunakan media sosial merupakan hal yang sangat mudah untuk menghasilkan pundi pundi uang. Tidak mengeluarkan tenaga yang banyak merupakan salah satu keuntungan berjualan menggunakan media sosial. Karena dengan hanya bermain handphone saja bisa menghasilkan uang, tidak perlu susah susah mencari konsumen secara tatap muka.

Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, kini memasarkan atau mempromosikan suatu produk tidak perlu repot-repot seperti dizaman sebelum adanya media sosial, dimana pada waktu itu untuk memasarkan sebuah produk atau hanya sekedar  menjual kembali barang yang telah kitta pakai, membutuhkan biaya untuk membayar jasa iklan melalui koran atau di acara televisi lokal.namun kini setelah adanya sosial media dapat mempermudah siapapun untuk memasarkan produk/jasa tanpa keluar biaya iklan dan hanya duduk manis dirumah, kita dapat  memposting produk-produk melalui smartphone kapanpun dimanapun kita berada.

VIDEO PILIHAN