Mohon tunggu...
Yoga Fathur Rahman
Yoga Fathur Rahman Mohon Tunggu... Freelancer

Freelance | Blogger • Kreator Digital • Podcaster • Kontributor Hal yang kecil untuk hal besar Cerita yang seharusnya dibagi Ingin didengar Belajar dimana saja

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Life Long Education dalam Meningkatkan Keterampilan Melalui Kursus Online Gratis

22 Desember 2020   15:07 Diperbarui: 22 Desember 2020   15:27 74 1 0 Mohon Tunggu...

Lifelong education atau belajar sepanjang hayat adalah proses belajar yang tidak pernah berhenti,mulai dari kita lahir hingga akhir hayat, hal ini sejalan dengan kondisi kita saat ini dimana semua orang belajar lagi untuk menghadapi tatanan hidup baru agar bisa segera menyesuaikan diri dengan keadaan.


Menurut Delker (1974) pendidikan sepanjang hayat adalah perbuatan manusia secara wajar dan alamiah yang prosesnya tidak perlu kehadiran pendidik secara langsung, pendidikan sepanjang hayat dapat dikatakan berhasil jika adanya dorongan ingin belajar dari diri sendiri untuk memuaskan hasratnya dengan sadar dan semangat.

Sedangkan menurut penjelasan Mooridjan pendidikan bisa berpusat di sekolah, keluarga dan lingkungan tanpa adanya waktu tertentu dalam belajar hal ini dapat membentuk karakter anak yang dimulai dari keluarga, lingkungan dan sekolah serta diakui seperti pendidikan non formal.

Banyak orang selama dirumah aja ingin memiliki skill baru dikarenakan banyaknya waktu untuk belajar dan mencoba hal baru, nah kalo kalian udah mencoba belajar apa aja nih selama pademi ini? Kalo belum aku punya referensi nih kursus online gratis buat kalian yuk simak

1. Alizon courses
Alizon sendiri didirikan sudah sejak tahun 2007 oleh Mike Feerick, kamu bisa belajar lebih dari 750 materi pelajaran dalam berbahasa Inggris . 1 dari lebih 7 juta pengguna dan pengajarannya institusi ternama yaitu Microsoft, Google dan Universitas terkemuka lainnya. Kamu bisa nih belajar diploma courses atau certificate, kalo mau ambil diploma courses maka kamu akan belajar materi yang lebih mendalam dan kalo certificate hanya tersedia dalam bentuk cetak. 

2. IndonesiaX

IndonesiaX memberikan materi dalam bahasa Indonesia dan Inggris jadi kamu gak repot repot lagi menterjemahkan materi yang diberikan. Kamu bisa belajar dari berbagai tutor dari institusi dan instansi ternama di Indonesia mulai dari universitas Indonesia, universitas Airlangga, universitas Terbuka, institut Teknologi Bandung, Bank Negara Indonesia dan NET TV.

Kursus ini gratis tapi jika kamu ingin mendapatkan sertifikat maka harus membayar biaya administrasi, yuk luangkan waktu mu untuk belajar keterampilan baru dengan materi pembelajaran yang asik dan mudah untuk dimengerti.Dirumah aja tanpa bosan, bisa upgrade skill untuk memenuhi kebutuhan belajar dan menjadi bisa jadi nilai plus saat kamu melamar pekerjaan setelah pademi, yuk mulai belajar dari mana sajak kapansaja.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x