Pada abad ke-21 ini teknologi informasi berkembang sangat pesat. Seiring perkembangan  teknologi informasi, data-data yang ada di dunia ini semakin berkembang dan semakin banyak.Â
Semua data tersebut dapat digunakan untuk menghasilkan informasi yang dapat berguna bagi pemakainya, karena semakin banyaknya data yang ada maka kita memeperlukan Data Mining. Sebelum lebih jauh lagi, kalian tahu tidak data itu apa?Â
Data Mining sebenarnya telah banyak kita temui implementasinya dalam kehidupan sehari-hari, sebelum membahas tentang implementasi dari Data Mining mari kita ulik lebih dahulu mengenai, "Apa sih data mining itu? Apa fungsinya bagi kita di era teknologi informasi ini?"
Apa itu Data Mining?Â
Banyak definisi dari istilah ini dan belum ada yang dibakukan atau disepakati semua pihak. Namun, istilah ini memiliki hakikat sebagai displin ilmu yang bertujuan untuk menemukan, menggali, atau mengembangkan pengetahuan dari data atau informasi yang kita miliki.Â
Dengan kata lain, Data Mining dapat menemukan berbagai data maupun informasi yang ada dan berguna bagi kita sebagai user. Nah sudah mengerti kan tentang pengertian Data Mining, sekarang mari kita bahas mengenai fungsi yang ada di dalamnya.
Mengacu kepada Larose(2005) terdapat 6 fungsi pada Data Mining, yaitu fungsi deskripsi, estimasi, prediksi, klasifikasi, pengelompokan dan asosiasi. Namun jika mengacu kepada Berry dan Browne (2006), keenam fungsi tersebut dapat dipilah menjadi 2 bagian yaitu fungsi minor atau fungsi tambahan yang meliputi deskripsi, estimasi, dan prediksi.Â
Serta fungsi mayor atau fungsi utama yang meliputi klasifikasi, pengelompokan dan asosiasi. Nah, fungsi fungsi dalam Data Mining sudah dijelaskan sejauh ini pasti kalian sudah paham apa itu Data Mining secara garis besar. Sekarang mari kita mengulik tentang implementasi dari Data Mining.
Dalam dunia bisinis pastilah memiliki persaingan yang sangat tinggi, dan untuk tetap bersaing dibutuhkan strategi-strategi yang tepat khususnya di bidang industri Apotek. Semakin kesini semakin meningkat juga konsumen di apotek, dengan kata lain data transaksi yang ada di apotek semakin banyak.