Mohon tunggu...
Rap Yobel Nathania
Rap Yobel Nathania Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Jurnalistik Universitas Padjadjaran

Penikmat Matcha, K-pop, dan Senyummu.

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Pujas Jatinangor: Tempar Sahur Murah Meriah untuk Mahasiswa

27 April 2022   15:32 Diperbarui: 27 April 2022   17:44 376 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Suasana Pujas Jatinangor saat Sahur/dokpri

Harum makanan tercium pukul tiga pagi. Harum itu memenuhi Jalan Ciseke Besar di Jatinangor. Deru sepeda motor juga ramai terdengar. Mahasiswa yang hendak sahur mulai memenuhi bangku-bangku Pujas.

Saat mendatangi Pujas, mahasiswa dapat menemukan berbagai macam warung dari ujung ke ujung. Bangku-bangku dan meja-meja panjang tersusun di depan tiap-tiap warung. Tawa dan asap rokok menjadi penghangat di kala harus sahur pukul tiga pagi dengan udara Jatinangor yang dingin.

Pujas atau Pujasera merupakan sebuah tempat makan di Jatinangor. Pujas terletak di Jalan Ciseke Besar, Jatinangor, Sumedang. Nama Pujas terkenal di kalangan mahasiswa karena menjual makanan dan minuman yang ramah di kantung mahasiswa.

Pujas memiliki desain tempat yang sederhana. Interior warung-warung makan hanya terbuat dari kayu lama. Pujas terlihat seperti beberapa warung kopi yang dikumpulkan dalam satu lokasi. Saat memasuki Pujas, satu hal mungkin akan tergambar dalam benak mahasiswa: "Ini tempat yang pas untuk nongkrong."

Hal itulah yang membuat Pujas terkenal sebagai spot makan dan tempat nongkrong favorit mahasiswa Jatinangor. Setelah dua tahun tutup karena pandemi, Pujas kembali disinggahi oleh para mahasiswa untuk berbuka maupun sahur di bulan Ramadan ini.

Pemandangan sekelompok mahasiswa yang memilih sahur di Pujas, Jatinangor/dokpri
Pemandangan sekelompok mahasiswa yang memilih sahur di Pujas, Jatinangor/dokpri

Layaknya pujasera pada umumnya, Pujas memiliki beberapa warung di dalamnya. Warung menawarkan makanan dan minuman yang beragam. Mahasiswa dapat memilih makanan seperti mie instan, nasi goreng, soto, ayam goreng, dan menu lainnya. Selain itu terdapat juga berbagai jenis minuman mulai dari yang dingin hingga hangat.

Menu yang ramai dibeli adalah nasi goreng Warung Bu Ida. Nasi goreng tersebut bukan nasi goreng biasa dengan telur, bakso, atau daging ayam suir. Nasi goreng Bu Ida dilengkapi dengan chicken katsu dan acar sebagai topping. Mahasiswa cukup membayar Rp16.000 untuk sepiring nasi goreng katsu.

Selain itu, bagi mahasiswa yang ingin sahur dengan menu berkuah, Pujas menjual menu Nasi Gulai Sapi di salah satu warungnya. Cukup dengan membayar sebesar Rp16.000, mahasiswa sudah mendapat seporsi Nasi Gulai Sapi yang terdiri atas nasi putih, gulai sapi, sepotong tahu, dan sepotong tempe.

Minuman yang dijual di Pujas juga beragam. Mulai dari menu warung kopi seperti kopi panas dan teh manis hangat,  sampai air mineral. Selain itu, bagi pencinta susu, terdapat menu Milo Jumbo yang dijual dalam gelas kaca besar seperti gelas bir dengan ukuran 620 mili liter. Harga satu gelas besar susu Milo Jumbo hanya Rp10.000 saja.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kisah Untuk Ramadan Selengkapnya
Lihat Kisah Untuk Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan