Mohon tunggu...
Kidung Ajisurya
Kidung Ajisurya Mohon Tunggu... -

Young Modern Life Hacker - Notes of what he learned from the world's #1 Top Company for Leaders

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

Apa yang Harus Dilakukan ketika bertemu VVIP Person - Notes on What I Learned This Week #1:

25 Oktober 2015   00:25 Diperbarui: 8 November 2015   01:35 72
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="Chairman & CEO GE - Jeff Immelt in Indonesia"][/caption]Notes on what I learned this week #1:

CUSTOMER

Minggu ini saya bersama team dari regional APAC melakukan technical roadshow ke customers di Indonesia.

Technical roadshow adalah istilah yang kita gunakan ketika kita melakukan technical presentation/discussion ke customers berturut-turut dalam beberapa hari.

Banyak hal yang saya pelajari dalam seminggu tersebut

 

1. Siapkan pertanyaan sebelum bertemu customers, let them talk more.

Inti dari customer meeting adalah untuk mendapatkan informasi sebanyak mungkin, namun saya terfokus untuk menyiapkan presentasi yang menarik dan lupa untuk menyiapkan pertanyaan-pertanyaan yang memancing diskusi.

2. Talk only to the thing that relates/important to them

Buang/Skip semua presentasi/diskusi yang mereka tidak berhubungan dengan mereka, we're there to discuss important thing, not to waste everybody' time.

3. Double check the schedule before confirming

Kita sempat scheduled 2 meetings di jam yang sama. Schedule yang padat membuat kita bingung sendiri, in this situation don't use your memory, but look and check your calendar. Untung customer-nya baik dan bisa re-schedule.

4. Don't be afraid to meet new people, the second/third time you meet the same person, everything will be better, you'll have more common things to discuss.

saya suka takut ketika harus ketemu orang baru, takut nanti suasana awkward karena kita tidak punya bahan untuk diomongin selain bisnis. but everything must start somewhere. hari ini saya ketemu customer yang ternyata adalah mantan customer saya di perusahaan lain, ini adalah pertemuan kedua kita. In this second meeting, we talked about our first meeting, and we laughed. it's a good progression.

5. Listen to what they need and ask them how we can be more help to them

catat concern dan permintaan mereka, ini merupakan kunci kita untuk dapat mengetuk pintu mereka lagi dikemudian hari dan membuka pintu diskusi. "Pak, ini follow up dari permintaan Bapak waktu meeting bulan lalu, boleh saya mampir ke kantor Bapak untuk diskusi lebih lanjut?"

6. Don't panic when you are in a fire drill situation, always think through what will happen in longer term. in this case, in the next 2 hours.

this is funny and ridiculous! ketika kita sudah schedule meeting yang begitu compact, ternyata ditengah-tengah salah satu meeting kita diberi tahu bahwa dalam 5 menit lagi akan ada fire drill. dengan segera kita memutuskan untuk melanjutkan meeting di coffee shop bawah gedung, dan turun sebelum drill dimulai (supaya bisa turun dengan lift). but setelah sampai coffee shop, kita baru sadar kalau fire drill akan berlangsung paling tidak selama 1 jam, dan kita meninggalkan tas-tas kita di atas, sedangkan next meeting was in the next 1.5 hours. luckily the drill was cancelled.

7. Your customers may be your old friends/boss/subordinate/neighbors, stay humble and treat everyone with respect.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gaya Hidup Selengkapnya
Lihat Gaya Hidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun