Mohon tunggu...
heru suti
heru suti Mohon Tunggu... Administrasi - Merdeka

Menulis untuk menghasilkan tulisan

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Belanda yang Beruntung Tidak Kalah dan Qatar yang Pasti Tersingkir

26 November 2022   01:48 Diperbarui: 26 November 2022   04:00 401
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Timnas Belanda berhasil memetik kemenangan pada laga pertama fase grup Piala Dunia 2022 kontra Senegal. Laga Senegal vs Belanda yang digelar di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar, pada Senin (21/11/2022) (AFP/OZAN KOSE)

Belanda masih belum bisa memastikan satu tiket ke 16 besar Piala Dunia Qatar 2022 setelah hanya mampu bermain imbang 1-1 dengan Ekuador.

Secara normal, Belanda vs Ekuador skor 1-1 maka kita akan bilang bahwa Ekuador berhasil menahan Belanda. Namun yang terjadi di lapangan tidaklah demikian, narasi yang benar kalau anda melihat langsung pertandingan tersebut adalah bukan Ekuador yang berhasil menahan Belanda, namun Belanda lah yang beruntung  tidak kalah dari Ekuador.

Ya, demikian lah, Belanda memang beruntung gol kedua Ekuador tidak pernah tercipta walaupun serangan Ekuador berkali-kali mengancam gawang Andries Noppert.

Ekuador tampil sangat agresif dalam menyerang dan solid dalam bertahan. Praktis Belanda hanya mampu memainkan bola di pertahanan sendiri dan sepanjang pertandingan hanya mampu melepaskan dua tembakan. Satu nyasar, satu on target dan jadi gol. Selebihnya mereka hanya berputar-putar tak mampu menembus pertahanan Ekuador.

Sebaliknya serangan Ekuador jauh lebih berbahaya dan membuat pontang-panting para bek Belanda.

Belanda unggul lebih dulu 1-0 di babak pertama. Gol dari Cody Gakpo tercipta saat pertandingan baru memasuki menit keenam, sebuah gol keren. Tendangan akurat dari luar kotak penalti.

Sepertinya Belanda bakal menguasai pertandingan, lha baru enam menit sudah bikin gol. Kalau mereka bisa menang di pertandingan ini maka tiket 16 besar sudah pasti  mereka raih.

Namun yang terjadi selanjutnya permainan Belanda justru jadi tidak meyakinkan. Sebaliknya Ekuador perlahan tapi pasi menemukan ritme permainan terbaiknya. Makin lama pertandingan berjalan, agrtesivitas serangan Ekuador semakin menjadi-jadi.

Belanda benar-benar kesulitanan menghadapi Ekuador. Tidak hanya sulit menembus pertahanan Ekuador, Belanda pun kerepotan dengan gempuran Ekuador.

Praktis, gol Gakpo adalah satu-satunya peluang bersih yang dibuat Belanda. Pada babak pertama catatan statistik Belanda adalah satu shot, satu on target dan satu gol. Sangat efektif. Sementara Ekuador pada paruh pertama melesakkan enam tendangan hanya satu on target dan nol gol.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun