Mohon tunggu...
heru suti
heru suti Mohon Tunggu... Administrasi - Merdeka

Menulis untuk menghasilkan tulisan

Selanjutnya

Tutup

Music Pilihan

Turtles Jr, Band Punk Senior Bandung yang Tur Konser di Inggris

9 Agustus 2022   05:45 Diperbarui: 9 Agustus 2022   05:52 207 29 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Jadwal tur Turtles Jr. di Inggris (Gambar: Tangkapan Layar Instagram @turtlesjr_official)

Rebelion Festival adalah sebuah festival punk internasional yang diselenggarakan di Inggris. Festival ini dimulai pada tahun 1996 dan dihadiri oleh band-band punk dari seluruh dunia, diselenggarakan di Blackpool Inggris.

Rebellion Festival 2022 diselenggarakan tanggal 4-7 Agustus 2022. Band-band punk legendaris dunia seperti Cock Sparer, Bad Religion, The Exploited dan banyak lagi hadir di festival ini.

Tahun ini, band asal Indoesia Turtles Jr diundang panitia Rebellion Fest sebagai salah satu wakil dari Asia. Sebenarnya undangan tersebut sudah ada sejak 2019 namun karena pandemi mereka batal ke Inggris.

Turtles Jr adalah sebuah band hardcore punk asal Bandung yang terbentuk tahun 1992. Nama Turtles Jr konon berasal dari vokalis lamanya yang suka dengan film Kura-Kura Ninja.

Bagi Turtles Jr, tampil di Rebelion Fest bulan sekedar tampil di konser musik biasa. Ini adalah juga kesempatan luar biasa untuk bisa satu momen festival dengan band-band punk legenda yang juga punya pengaruh membentuk citarasa musik mereka.

Salah satu personel Turtles, Kang Buux yang saking ngefansnya sama Lars Frederiksen vokalis Rancid sehingga memakai nama panggung Buux Frederiksen akhirnya bertemu dengan idolanya tersebut. Foto Mang Buux dengan Bapak Lars Frederiksen di unggah di instagram milik Kang Buux.

Turtles Jr memainkan musik punk dengan lirik berbahasa Inggris, Bahasa Indonesia dan juga Bahasa Sunda. Lagu dalam Bahasa Sunda atau setidak-tidaknya mengandung Bahas Sunda antara lain berjudul Kuya Ngora dan AGTB. AGTB adalah singkatan dari Anjing Goblog Tai Babi...

Yah, dari judulnya anda tentu tau model lagu macam apa, penuh dengan makian dan kata-kata kasar. Sebagian orang mungkin menganggap kurang sesuai dengan citra orang Indonesia yang ramah dan santun...

Lalu, apakah membawa model lagu seperti itu di sebuah festival internasional apakah pantas?

Ya pantas saja, ini kan festival punk. Dan seperti itu lah memang musik punk ini adanya. Punk adalah sebuah sub kultur yang lahir dari protes terhadap  kemapanan, khususnya hipokrasi kekuasaan. Lirik lagu ketidakpuasan dan kemarahan adalah identitas aslinya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Music Selengkapnya
Lihat Music Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan