Mohon tunggu...
heru suti
heru suti Mohon Tunggu... Administrasi - Merdeka

Menulis untuk menghasilkan tulisan

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

AFC Cup Zona ASEAN: Bali United dan PSM Jaga Asa di Liga Kasta Kedua Asia

25 Juni 2022   08:07 Diperbarui: 25 Juni 2022   08:08 365 36 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pelatih Bali United Stefano Teco Cugurra (Gambar: sports.sindonews.com)

Matchday 1 Fase grup AFC Cup 2022 serentak digelar. Di zona ASEAN, sebelas klub Asia Tenggara tergabung dalam grup G, grup H dan grup I. Masing-masing juara grup akan langsung lolos ke semifinal zona ASEAN. Satu slot lagi untuk semifinal diisi oleh satu runner up terbaik dari ketiga grup tersebut. Pemenang partai final nantinya akan mewakili ASEAN di fase playoff interzone.

Ya, kompetisi sepakbola ASEAN memang cukup seru. Kemarin sudah ada Piala AFF, lalu SEA Games dan sekarang giliran kompetisi antar klub kasta kedua di Asia. Masih ada juga nanti AFF U19, juga AFF berbagai kelompok umur lainnya.

Tergabung di grup G Bali United mendapatkan pesaing klub Kamboja Visaka FC, Kaya FC dari Filipina dan Kedah Darul Aman sang peringkat kedua Liga Super Malaysia musim lalu. Keuntungan buat Bali United karena venue pertandingan dilaksanakan di Bali.

Di grup H PSM Makassar akan ditantang tuan rumah Kuala Lumpr FC dari Malaysia juga wakil Singapura Tampines Rovers.

Sedangkan grup I dihuni oleh Viettel FC dari Vietnam yang menjadi tuan rumah, Hougang United dari Singapura, Phnom Penh Crown Kamboja dan klub dari Laos, Young Elephants.

Tidak ada wakil Thailand karena kasta mereka tampaknya memang lebih tinggi. Tahun ini mereka mendapat jatah dua klub bermain di fase grup Liga Champions Asia dan dua lagi di fase playoff kualifikasi Liga Champions Asia.

Cukup menyedihkan memang karena tidak ada jatah untuk klub Indonesia di babak apapun Liga Champions Asia.

Ya sudah, memang demikian. Dan harus diakui bahwa kompetisi domestik kita memang tertinggal dari negara-negara besar di Asia, bahkan di ASEAN.

Matchday 1 AFC Cup Grup G Bali United menjamu Kedah Darum Aman di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar Bali. Sebelumnya di stadion yang sama klub Kamboja Visakha FC membuat kejutan dengan mengalahkan wakil Filipina Kaya FC dengan skor 2-1.

Bali United tampil full team, tidak hanya dua pilar timnas: Nadeo Argawinata dan Irfan Jaya yang kembali bermain, tapi juga ribuan suporter yang memenuhi Stadion Kapten I Wayan Dipta. Di stadion ini musim lalu yang menjadi venue putaran akhir Liga 1, saat dimana Bali United berhasil back to back juara Liga Indonesia. Sayangnya pertandingan-pertandingan penuh kemenangan itu tidak dihadiri langsung oelh penonton akibat pandemi covid 19.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan