Mohon tunggu...
heru s
heru s Mohon Tunggu... Administrasi - Merdeka

Merdeka

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Tidak Ada Kejutan di Semifinal Sepak Bola Pria

4 Agustus 2021   08:44 Diperbarui: 4 Agustus 2021   08:46 93 20 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Tidak Ada Kejutan di Semifinal Sepak Bola Pria
Para pemain Brasil merayakan kemenagan adu penalti lawan Meksiko di partai semifinal (Gambar: footballreporting.com)

Dua tim tradisional penguasa sepakbola dunia, Brasil dan Spanyol bertemu di final Olimpiade cabang olah raga sepakbola pria. Final dua tim besar ketiga secara beruntun setelah di Euro mempertemukan Italia vs Inggris dan di Copa America menampilkan Argentina vs Brasil.

Jepang dan Meksiko yang tampil begitu baik di fase sebelumnya tidak mampu melanjutkan catatan positifnya di semifinal. Bukan berarti mereka tampil buruk, penampilan Jepang dan Meksiko sangat baik dan Brasil maupun Spanyol tidaklah lolos ke final dengan mudah.

Waktu normal saja tidak cukup, perlu perpanjangan waktu bagi Spanyol dan untuk Brasil perlu tambahan keberuntungan lewat adu penalti.

Dua partai semifinal berakhir identik di waktu normal, 0-0. Tidak ada gol tercipta dalam 90 menit.

Di pertandingan Brasil vs Meksiko, Brasil tampil lebih dominan dalam penguasaan bola. Inisiatif serangan biasanya dipegang Brasil dengan Meksiko siap sedia menyerang balik. Ball possession 57%-43% untuk Brasil. Dari sisi tembakan ke gawang tidak beda jauh, Brasil dengan 6 shots on goal dari 10 shots sementara Meksiko 4 dari 6.

Sampai dua babak extra time berakhir baik Meksiko maupun Brasil tetap tidak mampu mencetak gol. Pertandingan harus dilanjutkan dengan adu penalti.

Bek kanan Brasil Dani Alves vs Kiper Meksiko Guillermo Ochoa, dua kapten gaek mengawali duel penalti. Ochoa bisa menebak dan menjangkau tendangan Dani Alves tapi bola tetap akhirnya masuk ke pojok gawang Ochoa.

Empat penendang Brasil semuanya sukses membobol gawang Ochoa sementara dua penendang awal Meksiko gagal. Satu diblok Santos, kiper Brasil dan satu mengena mistar. Brasil menang dengan skor meyakinkan di adu penalti, 4-1. Tim Brasil bersorak merayakan keberhasilan lolos ke final Olimpiade.

Dengan kemenagan ini Brasil berpeluang mempertahankan emas Olimpiade yang mereka raih di 2016 saat mereka jadi tuan rumah. Sebuah pekerjaan tidak mudah karena yang akan mereka hadapi adalah Spanyol yang diisi skuad dengan pemain yang sarat akan skill dan jam terbang yang cukup oke.

Sementara itu,

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan