Mohon tunggu...
Yesty Yolanda
Yesty Yolanda Mohon Tunggu... 💅🏻

Mahasiswa universitas Andalas

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Seni Tradisi Basijobang

16 April 2021   09:27 Diperbarui: 16 April 2021   11:21 90 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Seni Tradisi Basijobang
Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=Vyar_TXrVCU

                                                                                                         

Sijobang atau Basijobang merupakan salah satu bentuk seni tradisi yang berkembang di Minangkabau. Kesenian ini menjadi ciri khas masyarakat Lima Puluh Kota. Terutama di Nagari Sago Halaban Kata Sijobang sendiri berasal dari kata jobang dalam dialek Minang di Kabupaten Lima Puluh Kota sijobang diambil dari Anggun Nan Tongga Magek Jabang. Sebuah bentuk Kaba Minangkabau Seni pertunjukan ini dimainkan oleh seseorang seniman Sijobang dengan menggunakan alat musik Kecapi.

Pak Radius adalah satu-satunya pewaris Tukang Sijobang, yang menggunakan Alat msik Kecapi.


Pak Radius (Pak Liuk) berkata:
"Belajar Sijobang tidak bisa dibukukan Saya bisa Basijobang semenjak fahun 1979. Murid Guru saya banyak tetapi yang langsung belajar ke Beliau hanya 3 orang. Samsur di Padang Balimbiang, sudah meninggal, dan satu lagi si Anas. Cara belajar dengan guru dulu yaitu, kalau mau belajar Sijobang Ikuti saya Kemana-mana Sijobang tidak bisa dibukukan, ikuti saya kemana pergi dan simak ceritanya Terpaksa lah saya ikuti kemana Beliau pergi Tidak lama sesudah itu, saya disuruh mencoba ditempat orang mengadakan pesta pernikahan. Sampai saya sampai dirumah, datang orang menjemput untuk basijobang dan diuji dahulu Basijobang ditempat orang mengadakan pesta pernikahan, saya disuruh lagi oleh beliau karena beliau sakit .Terakhir, langsung saja di sewa orang untuk basijobang waktu malam mengisi acara tersebut, waktu itu acaranya di belakang rumah orang yang mengadakan pesta tersebut. Kalau cerita Sijobang Anggun Nan Tongga Kalau sudah dijemput orang ke Andaleh dan Koto Nan Gadang di Payakumbuh Sudah disebut Tukang Sijobang oleh orang lain, kemana saja di panggil untuk Basijobang"

Orang mengirim racun waktu Basijobang sekarang sudah tidak ada, kalau dahulu memang ada namun selama Pak Radius Basijobang, orang mencoba mengirim racun ada selama 3 tahun sesudah itu tidak ada lagi. Cara mengatasi orang mengirim racun yaitu ditolak, jika tidak bisa ditolak dimakan, berarti itu untuk kita.

Adapun Bahan kayu untuk kecapi itu bagus yang, kering agar tahan lama dan bunyinya bagus, Tetapi kalau bahan kayu untuk kecapi kurang bagus, bunyinya juga kurang bagus

VIDEO PILIHAN