Mohon tunggu...
Yesi Hendriani Supartoyo
Yesi Hendriani Supartoyo Mohon Tunggu... Penulis - Peneliti

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN)

Selanjutnya

Tutup

Financial

Cashless dan Cardless, Transaksi Simpel dalam Genggaman

25 November 2018   23:36 Diperbarui: 25 November 2018   23:55 937
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.


Cerita tentang tingkat kepercayaan diri saya untuk keluar rumah tanpa dompet bisa dikata telah berlangsung lama. Hal ini dibuktikan melalui unggahan sebuah artikel tulisan yang berjudul "Kiat Hidup Tanpa Uang Tunai di Era Keuangan Digital" per tanggal 21 Oktober 2016 di akun Kompasiana (baca: disini).

Pada artikel tersebut saya menerima tantangan oleh BCA dan Kompasiana untuk "Hidup 7 Hari Tanpa Uang Tunai" dan tantangan tersebut tentunya berhasil dilalui dengan baik. Apalagi ditunjang oleh sebuah aplikasi online bernama "Sakuku". Ya, saya telah terbiasa menggunakan aplikasi layanan dari BCA tersebut semenjak lama. Pun, fasilitas BCA Mobile yaitu m-BCA.

Berdiri sejak 1957 silam, membuat PT Bank Central Asia Tbk menjadi bank swasta terbesar di tanah air. BCA terus melakukan terobosan inovatif terkait dengan layanan keuangan digital. Semisal produk Sakuku yang merupakan uang elektronik yang dapat digunakan untuk bertransaksi melalui aplikasi smartphone dalam melakukan pembayaran belanja, isi pulsa dan transaksi perbankan lainnya. 

Beragam keuntungan dapat diperoleh dengan menggunakan Sakuku diantaranya yaitu bebas biaya administrasi bulanan alias GRATIS! Saya juga dapat memperoleh berbagai informasi promo melalui aplikasi Sakuku. Fitur produk Sakuku yang tersedia antara lain Info Saldo; Mutasi Transaksi; Bayar Belanja; Isi Pulsa; Kontak; dan, Setting.

Eits, masih ada lagi! Saya telah melakukan aktivasi Sakuku Plus sehingga memperoleh fitur tambahan yaitu: Transfer; Split Bill; dan Tarik tunai di ATM BCA! Yes, BCA semakin inovatif dengan tidak hanya mengusung ide tanpa menggunakan uang tunai (cashless) melainkan juga tanpa menggunakan kartu (cardless). Pokoknya, aplikasi Sakuku ini dapat di-download dengan mudah melalui application store di masing-masing smartphone. Menariknya lagi, nomor kepemilikan Sakuku ialah nomor handphone kita sendiri. Praktis, kan? 

dok: Sakuku
dok: Sakuku
Baiklah, berikut merupakan aktivitas kegiatan saya bersama Sakuku. Pada Jumat (23/11) saya hendak makan siang dan memutuskan untuk makan siang di Es Teler 77 Plaza Atrium Senen. Dikarenakan berdasarkan info Sakuku Promo bahwa tersedia "Diskon 20% hingga maksimum diskon Rp 50 ribu dengan Sakuku". Hore! 

dok: Sakuku
dok: Sakuku
Tanpa menunggu waktu lama saya langsung menuju ke outlet Es Teler 77 dan memesan "Paket Bakso Super 77". Saya lalu melakukan pembayaran belanja makan siang tersebut dengan menggunakan aplikasi Sakuku. Setelah melakukan scan QR Code struk pembayaran dan memilih nominal pembayaran, maka akan muncul keterangan "Minta kasir untuk melanjutkan transaksi di mesin EDC". Lalu, selesai! Sungguh makan siang kali ini saya lalui dengan senang dan tenang, apalagi perut kenyang. Alhamdulillah. 

dok: Sakuku
dok: Sakuku

dok: Sakuku
dok: Sakuku

dok: pribadi
dok: pribadi
Berikutnya, masih lanjut berburu promo "Pay 1 for 2 or Free Pretzel di Auntie Anne's". Saya melakukan pembelian Combo Stix dan mendapatkan gratis 1 Specialty. Nyam!  


dok: pribadi
dok: pribadi
dok: Sakuku
dok: Sakuku
Tidak hanya belanja promo, Sakuku juga memudahkan saya untuk melakukan pengisian pulsa di nomor saya pribadi dan/atau nomor lain kapanpun dan dimanapun. Ingat, bebas biaya admin! 

dok: Sakuku
dok: Sakuku
Oya, saatnya mencoba fitur di Sakuku Plus. Saya mencoba fitur Transfer dengan melakukan transfer uang ke Rekening BCA saya sendiri. Proses transfer berlangsung cepat dan mudah, tanpa biaya administrasi dan tanpa saldo minimum tersisa di Sakuku.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun