Mohon tunggu...
Yesi Aprilita Br Barus
Yesi Aprilita Br Barus Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mendengarkan musik

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Sejauh Mana Kamu Mengetahui Elektron Valensi?

12 Oktober 2022   08:09 Diperbarui: 12 Oktober 2022   08:31 366
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Elektron valensi memegang peranan yang sangat penting dalam sebuah atom. Ketika atom ingin membentuk ikatan dengan atom lain, elektron valensi ini memungkinkan Elektron valensi ditempatkan pada orbit terluar atom dan orbit tersebut atau kulit disebut cangkang valensi. Elektron valensi dan valensi juga merupakan sifat periodik. 

Semua unsur dalam suatu golongan memiliki jumlah elektron valensi dan valensi yang sama. Elektron valensi: Elektron valensi (VE) umumnya partikel bermuatan negatif. Elektron ini diatur dalam orbit atau kulit yang berbeda. Elektron valensi juga sangat penting untuk pembentukan ikatan kimia dan untuk interaksi antar atom. 

Elektron valensi disebut juga elektron kulit terluar. Elektron Valensi merupakan bagian penting dari silabus Kimia. Kandidat harus memiliki pemahaman yang jelas tentang topik ini. Topik ini membentuk dasar untuk memahami reaksi kimia.

Setiap elemen memiliki hak untuk memilih cara yang diinginkan untuk mencapai oktet. Itu selalu memiliki dua pilihan baik itu dapat menerima elektron dari orang lain atau menyumbangkan kepada orang lain. 

Ia memilih di antara mereka sesuai dengan kondisi keuangannya (dalam hal atom, itu berarti energi yang dibutuhkan) Jika sumbangan elektron membutuhkan energi yang lebih rendah (IE lebih rendah) ia memilih untuk menyumbang dan jika dapat mengelola untuk mengambil pinjaman dari orang lain (EGE lebih rendah) ia memilih untuk menerima elektron.

Konsep yang Harus Dipahami

Elektron adalah partikel subatomik kecil yang berputar di sekitar inti dalam kulit energi yang disebut orbit. Partikel subatomik ini membawa muatan negatif sebesar 1,602 x 10-19 Coulomb. 

Massa sebuah elektron adalah 9 x 10-31 kg. Posisi elektron di sekitar nukleus tidak pasti. Mereka terus berputar di sekitar nukleus dalam kulit dengan peningkatan energi, yaitu kulit yang lebih dekat ke nukleus memiliki energi lebih sedikit daripada kulit terluar. Elektron yang ada di kulit terluar atom disebut elektron valensi atau elektron kulit terluar. 

Dalam tabel periodik, kelompok vertikal mewakili jumlah elektron yang ada di kulit valensi atom. Tapi bagaimana partikel kecil ini berkontribusi pada karakter kimia atom?

Pengertian Atom

Atom terdiri dari neutron, proton (+) dan elektron (-). Inti atom terdiri dari proton positif dan neutron netral. Elektron ditemukan bergerak di sekitar inti dalam kulit energi. Kulit dapat diberi nomor numerik sebagai 1, 2, 3... seterusnya atau dengan huruf seperti K, L, M... Kulit energi K, dilambangkan sebagai 1, memiliki energi terendah. Orbit diatur dalam tingkat energi yang meningkat. Kulit energi terendah lebih dekat ke inti, dan kulit energi tertinggi terjauh dari inti.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun