Mohon tunggu...
Yenny Hizbadini Risyda
Yenny Hizbadini Risyda Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

-

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Ajarkan Hidup Bersih Dan Sehat, Mahasiswa KKN Misi Khusus Kelompok 32 UIN Walisongo Semarang Lakukan Penyuluhan PHBS Pada Anak Tingkat Sekolah Dasar

9 Agustus 2022   11:35 Diperbarui: 9 Agustus 2022   12:20 123 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Foto Bersama Mahasiswa KKN MMK 32 Dengan Anak-anak SD Islam Terpadu Gintungan

Sehubungan dengan program kerja bidang pendidikan KKN MMK 32 UIN Walisongo Semarang yaitu penyuluhan mengenai Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang ditujukan pada anak tingkat sekolah dasar, Mahasiswa KKN MMK 32 melakukan penyuluhan di Sekolah Dasar Islam Terpadu Gintungan yang dilakukan pada hari Rabu (20/7/2022). 

PHBS merupakan sekumpulan perilaku hidup sehat yang dilakukan atas dasar kesadaran pribadi yang menjadikan seseorang bahkan masyarakat mampu mandiri di bidang kesehatan serta berperan aktif dalam mewujudkan kesehatan masyarakat. PHBS tidak hanya diterapkan di lingkungan rumah tangga, tetapi juga dapat diterapkan di sebuah institusi pendidikan, pekerjaan, maupun institusi pelayanan kesehatan.

Penyuluhan PHBS di Sekolah Dasar ini dilakukan guna menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat, sehingga dapat mendukung kelancaran proses belajar mengajar pada siswa, guru serta masyarakat di sekitar lingkungan sekolah. Adanya penyuluhan PHBS juga dapat meningkatkan kesadaran warga sekolah untuk menjalankan perilaku hidup bersih dan sehat.

Mahasiswa KKN MMK 32 UIN Walisongo Semarang mengajarkan perilaku hidup bersih dan sehat diantaranya yaitu cara mencuci tangan yang benar, membuang sampah pada tempatnya, dan tidak merokok di lingkungan sekolah.

"Dengan adanya penyuluhan PBHS di sekolah ini siswa-siswi kami menjadi lebih mengetahui mengenai cara menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat secara baik dan benar". Tutur Ibu Heni, selaku kepala sekolah SD Islam Terpadu Gintungan.

Maka dari itu penyuluhan ini bisa dijadikan acuan bagi guru SD dan lembaga pendidikan sederajat dalam menyusun kegiatan untuk menanamkan nilai-nilai dan pembiasaan perilaku hidup bersih dan sehat pada anak.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan