Mohon tunggu...
Yenita Delia Pramesti
Yenita Delia Pramesti Mohon Tunggu... Mahasiswa - 0901

mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Peran Pendidikan

30 Juli 2021   13:54 Diperbarui: 30 Juli 2021   14:12 26 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Peran Pendidikan
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

  Pendidikan merupakan suatu sarana penting untuk kemajuan suatu bangsa , karena setiap generasi bangsa perlu pembelajaran untuk mengembangkan potensi yang dimiliki oleh setiap individu. Kecerdasan setiap generasi muda , menjadi hal penting untuk mengasah kemampuan agar memiliki pola piker maju . Kedua hal tersebut , menjadi kunci untuk kemajuan bangsa ini. Maka dari itu , pendidikan menjadi bagian yang penting agar hal tersebut tercapai.

  Indonesia mewajibkan belajar selama 12 tahun , terdiri dari jenjang SD , SMP , dan SMA. Tujuan dari program wajib 12 tahun untuk meningkatkan wawasan pelajar agar dapat bersaing di masa yang akan datang. Seiring perkembangan dunia yang semakin maju. Wawasan yang luas akan menjadi hal berguna untuk mengikuti arus tersebut. Supaya kita tidak tertinggal oleh zaman. Faktor lain seperti mencegah pernikahan dini dan penyimpangan sosial , bisa menjadi alasan wajibnya pendidikan di Indonesia. 

 Namun , pendidikan di Indonesia masih kurang dalam beberapa aspek. Banyak pemuda Indonesia yang tidak sekolah dan tidak melanjutkan pendidikan sampai 12 tahun. Hal tersebut dikarenakan berbagai faktor sosial seperti tidak memiliki biaya untuk membeli perlengkapan sekolah , fasilitas yang kurang memadai dan faktor geografis. Perlu tindakan untuk mengurangi hal tersebut, dengan kebijakan pemerintah yang beperan penting dalam kemajuan pendidikan di Indonesia. Kebijakan tersebut bisa dilakukan dengan meningkatkan pembiayaan pada pendidikan , memadai fasilitas pada daerah pelosok dan memberitahukan kepada pemuda Indonesia bahwa pendidikan itu penting. Kita sebagai warga negara Indonesia , bisa juga membantu majunya pendidikan di Indonesia , dengan melakukan berbagai hal positif. Hal yang bisa dilakukan seperti menyumbangkan buku atau pakaian masih layak yang sudah tidak terpakai, memberi dana bantuan untuk pendidikan di pelosok dan membagi ilmu yang kita pelajari untuk menambah wawasan masyarakat Indonesia. Tindakan tersebut sangat penting untuk kemajuan pendidikan dan meningkatkan kecerdasaan pada suatu bangsa. 

  Pendidikan tidak hanya berada di sekolah , karena ilmu dan wawasan bisa didapatkan di mana saja. Kita dapat ke perpustakaan untuk menambah wawasan dengan membaca buku atau kita dapat membeli buku di toko buku ,jika ingin membacanya di rumah. Mempelajari hal baru yang bermakna positif juga bisa menambah ilmu pengetahuan kita. Bersosialisasi antar sesama untuk menanyakan yang tidak kita ketahui dan memberitahu jika kita mengatahui pengetahuan , bisa menambah wawasan agar meningkatkan kecerdasaan seseorang. Situs internet juga bisa menambah wawasan , karena banyak platfrom yang memberitahu tentang informasi yang kita tidak ketahui atau yang sedang kita cari. Misalnya , saat kita ingin mencari artikel yang berkaitan dengan pembelajaran di sekolah ,jika jawaban yang kita cari di buku tidak ada. Hal tersebut efektif untuk menambah ilmu pengetahuan. Namun , diperlukan penggunaan internet dengan bijak. 

  Perlu kita ingat bahwa pendidikan sangat penting untuk diri kita maupun orang lain. Generasi pemuda yang maju dan berkembangnya suatu negara , diperlukan pemuda yang pintar dan berwawasan luas. Hal tersebut menjadi pertanyaan " Mengapa?" , agar bangsa ini sejahtera dan berkurangnya penyimpangan ,karena masyarakat memiliki sikap dan ilmu yang menjadi pendoman untuk mencegah hal tersebut. Kesadaran akan pentingnya pendidikan merupakan hak individu , pilihan yang baik akan menghasilkan sesuatu yang baik. Oleh karena itu , mari kita bersama-sama memajukan pendidikan di Indonesia. Terus semangat dan jangan menyerah

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN