Mohon tunggu...
Yeni Sovia
Yeni Sovia Mohon Tunggu... -

Ibu Rumah Tangga, Parenting dan Special Needs Ecucations Blogger

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

Keberkahan Keluarga Dimulai dari Sesuatu yang Halal

5 November 2017   05:00 Diperbarui: 5 November 2017   11:51 936
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dulu sewaktu saya masih mengajar. Saya ingat sekali waktu itu orangtua murid saya memberikan saya 2 coklat besar, oleh-oleh dari Inggris. Siapa coba yang tidak senang dapat oleh-oleh dari Inggris. Apalagi coklat, ya. Hampir semua perempuan menyukai coklat, termasuk saya

Ketika sampai di rumah, saya langsung ingin membuka bungkus coklatnya. Tetapi, karena coklat tersebut dari luar negeri, akhirnya saya putuskan untuk mencari label halalnya atau lihat komposisi makanannya. Sayangnya, di kemasan coklat tersebut tidak saya temukan label halalnya dan ada juga yang membuat saya ragu dengan komposisi makanannya.

Yah, daripada saya ragu dan tidak jelas begitu. Saya putuskan untuk tidak jadi memakan coklatnya dan memberikan coklat tersebut pada sahabat saya yang beragama non muslim.

Dari sejak gadis saya memang sangat hati-hati dengan apa yang saya makan dan gunakan. Apalagi sekarang banyak produk yang datangnya dari luar negeri. Jadi, membuat saya semakin hati-hati lagi. Nah, sejak saya menyandang status emak-emak, selain kejar diskonan, saya juga harus memastikan produk itu halal untuk keluarga kecil saya. Karena keberkahan keluarga itu dimulai dari sesuatu yang halal

Tiga Hal Penting yang Perlu Kita Perhatikan Ketika Membeli/Menggunakan Suatu Produk

Sebenarnya ada 3 hal penting yang suka saya perhatikan dahulu sebelum membeli. Apa saja itu?

1. Komposisinya

Tidak semua produk itu cocok dan baik, ya, kita komsumsi untuk keluarga kita. Seperti produk makanan karena adanya gangguan alergi pada salah satu anggota keluarga, jadi bikin kita pilih-pilih dengan makanannya, bisa juga karena bahannya tinggi pengawet, atau karena kandungan gulanya tinggi dan bahannya kurang sehat. Jadi, buat saya memperhatikan komposisi makanan atau produk apa pun itu penting

2. Kadarluasa

Ini juga penting. Apalagi buat statusnya emak-emak kayak saya atau emak-emak pencari diskonan. Kalau melihat suatu produk yang harganya miring dikit. Itu matanya sudah langsung love-love aja . Saking love-lovenya, terkadang suka membuat kita lupa buat ngecek tanggal kadarluasanya. Tau-taunya sudah kadarluasa, terus kita udah terlanjur beli banyak. Disaat itulah drama emak baru dimulai. Hihihi

3 Halal

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gaya Hidup Selengkapnya
Lihat Gaya Hidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun