Mohon tunggu...
Yemima AnugrahLestari
Yemima AnugrahLestari Mohon Tunggu... Lainnya - Yemima

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Aplikasi Litmatch sebagai Bentuk Penerapan Media Baru

6 September 2022   22:25 Diperbarui: 7 September 2022   00:27 973 16 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Komunikasi Praktis

Teknologi merupakan suatu bentuk yang tercipta dari manusia yang dihasilkan sebagai alat maupun teknik tertentu untuk memudahkan manusia. Seiring berkembangnya zaman. teknologi juga semakin canggih. Hal tersebut dapat membawa pengaruh yang besar bagi kita semua.

Dengan terbentuknya teknologi yang semakin canggih, munculah new media atau media baru. Lantas, seperti apa bentuk dari new media?

Media Baru

Sebutan new media atau media baru merupakan sesuatu yang digunakan untuk mewujudkan konten yang tersaji menggunakan bermacam-macam bentuk komunikasi elektronik yang memungkinkan melewati pemakaian teknologi komputer.

Secara global, media baru menggambarkan sebuah konten yang sesuai dengan permintaan di internet. Konten yang dimaksud tersedia pada perangkat yang mendukung untuk berinteraksi dengan konten dalam waktu yang nyata dengan adanya komentar pengguna yang dapat mempermudah orang untuk membagikan konten secara online dan sosial dengan sesama.

Di media baru, semua orang dapat terhubung ke internet. Manovich, (dalam Widodo, 2020, h. 13) mengemukakan beberapa contoh dari media baru antara lain: situs game, dunia maya atau virtual, komputer, telepon, media tunggal, human-computer interface, animasi komputer, instalasi komputer interaktif.

Media baru seringkali dipertentangkan oleh media lama, seperti televisi, radio, dan media cetak, walaupun para ahli mempertimbangkan terdapat perbedaan yang kaku antara kedua media tersebut. Manovich, (dalam Widodo, 2020, h. 13) menjelaskan bahwa media baru tidak termasuk televisi analog, buku, majalah, film, kecuali media tersebut menggunakan teknologi untuk mengaksesnya. 

Enam karakteristik media baru

1.Digital

Dalam hal ini, digital merupakan sebuah akses internet yang dimana sebuah konten dapat tersimpan dan diakses melalui media digital.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan