Mohon tunggu...
yehezkiel mourenthino
yehezkiel mourenthino Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Nama yehezkiel mourenthino

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan

Pemerintah dalam Menanggulangi Covid-19

2 Agustus 2021   09:30 Diperbarui: 2 Agustus 2021   09:33 22 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pemerintah dalam Menanggulangi Covid-19
Pemerintahan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Pengertian Dari Covid - 19

Coronavirus merupakan keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit pada manusia dan hewan. Pada manusia biasanya menyebabkan penyakit infeksi saluran pernapasan, mulai flu biasa hingga penyakit yang serius seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan Sindrom Pernafasan Akut Berat/ Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS). 

Coronavirus jenis baru yang ditemukan pada manusia sejak kejadian luar biasa muncul di Wuhan Cina, pada Desember 2019, kemudian diberi nama Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-COV2), dan menyebabkan penyakit Coronavirus Disease-2019 (COVID-19). Pandemi sendiri merupakan sebuah epidemi yang telah menyebar ke berbagai benua dan negara, umumnya menyerang banyak orang. 

Sementara epidemi sendiri adalah sebuah istilah yang telah digunakan untuk mengetahui peningkatan jumlah kasus penyakit secara tiba-tiba pada suatu populasi area tertentu. 

Pasalnya, istilah pandemi tidak digunakan untuk menunjukkan tingginya tingkat suatu penyakit, melainkan hanya memperlihatkan tingkat penyebarannya saja. Perlu diketahui, dalam kasus pandemi COVID-19 ini menjadi yang pertama dan disebabkan oleh virus corona yang telah ada sejak akhir tahun lalu.

COVID-19 merupakan pandemi global yang tentunya menimbulkan kekhawatiran bagi berbagai kalangan, terutama di kalangan masyarakat. Sejak ditetapkan oleh WHO sebagai pandemi global, manajemen penanganan COVID-19 menjadi tantangan tersendiri bagi negara yang memiliki keterbatasan sumberdaya maupun sistem pelayanan kesehatannya.

JUMLAH PASIEN YANG MENINGGAL DAN SEMBUH

Meski jumlah kasus terus bertambah, Satgas Covid-19 juga mengungkapkan data yang memperlihatkan harapan dengan banyaknya pasien sembuh. Pada periode 31 Oktober-1 November, ada penambahan 4.141 pasien Covid-19 yang kini dianggap tidak lagi terinfeksi virus corona. Mereka dinyatakan sembuh dari Covid-19 setelah pemeriksaan dengan metode polymerase chain reaction (PCR) memperlihatkan hasil negatif virus corona. 

Dengan demikian, total pasien Covid-19 yang sudah sembuh dari virus corona terhitung sejak awal pandemi berjumlah 341.942 orang. Kendati demikian, kabar duka masih melanda Indonesia dengan masih bertambahnya pasien Covid-19 yang meninggal dunia. Pada periode yang sama, ada 74 pasien Covid-19 meninggal dunia. 

Total, angka kematian Covid-19 di Indonesia kini mencapai 13.943 orang. Sementara itu, kasus aktif Covid-19 di Indonesia saat ini berjumlah 56.899 orang. Mereka kini sedang dalam perawatan di rumah sakit atau isolasi mandiri. Selain kasus positif, saat ini juga terdapat 61.215 orang yang berstatus suspek Covid-19.

JUMLAH PRESENTASEN KEMATIAN YANG TERKENA COVID 19

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN