Mohon tunggu...
Yeda Hendrayana
Yeda Hendrayana Mohon Tunggu...

Manusia Biasa

Selanjutnya

Tutup

Digital

Tips Server

15 November 2011   03:41 Diperbarui: 25 Juni 2015   23:39 1319 0 2 Mohon Tunggu...

TIPS MEMILIH SERVER
Dalam bahasan kali ini, penulis yang mempunyai sedikit pengalaman sebagai praktisi yang bergelut dengan dunia server, dan pernah bekerja cukup lama di bidang industri  TI, mencoba sedikit sharing mengenai hal-hal apa saja yang perlu kita ketahui dalam memilih server.
Hal ini bertujuan untuk memperoleh manfaat yang maksimal dan sesuai dengan kebutuhan kita.
Meskipun  pada awalnya yang menjadi pertimbangan utama ialah faktor harga yang disesuaikan berdasarkan budget.  Kita juga harus memperhatikan kompatibilitasnya, apakah server yang kita beli tersebut sudah memiliki kemampuan utuk beradaptasi dengan teknologi anyar yang diaplikasikan dan apakah interface didalamnya berkesesuaian  untuk  dikoneksikan ke berbagai perangkat eksternal  jaringan seperti  HUB, ROUTER, MODEM dan sebagainya.


  1. KOMPARASI.


Hal yang pertama ialah kita jangan terpancing iming - iming dan gembar gembor  vendor.  Ada yang menawarkan beberapa feature tercanggih seperti  INTEL XEON 4 CORE. Teknologi terbaru  HDD SAS dan lain sebagainya.  Saat ini banyak dipasarkan macam-macam merek server yang diproduksi oleh beberapa  perusahaan yang ternyata pada dasarnya berteknologi sama. Karena memang masih pada generasi yang sama, sehingga  sistem arsitekturnyapun sama.
Jadi lakukanlah komparasi harga maupun spesifikasi sistem pada beberapa merek. Pertimbangkan juga vendor yang mengeluarkan banyak produk server dipasaran, karena bisa dipastikan bahwa vendor  tersebut mempunyai jam terbang  yang cukup di industri tersebut, karena  membuat satu server saja dibutuhkan pengetahuan yang luar biasa dibidang arsitektur server.


  1. UPGRADABLE.


Server memiliki umur (lifecycle) yang tidak dapat dipastikan karena bergantung kepada daya tahan server tersebut terhadap panas yang  dihasilkan dan diserap, juga tergantung pada perkembangan sistem operasi dan kinerja yang dilakukan oleh server.
Agar server memiliki umur yang lebih panjang dan dapat mengikuti perkembangan , kita pastikan server dapat dengan mudah di-upgrade/ scale-up. Umumnya yang kita upgrade adalah Prosesor, RAM dan HDD.


  1. LAYANAN PURNA JUAL.


Carilah vendor yang mempunyai layanan purna jual yang baik, yaitu apabila server kita mengalami masalah, kita dapat dengan mudah mengajukan klaim secara langsung dan cepat di tanggapi.  Spare-part nya mudah didapat dan harganya terjangkau.


  1. GARANSI.


Umumnya vendor memberikan garansi yang terintegrasi dalam satu unit selama 1 sampai
3  tahun.  Akan jauh lebih baik apabila kita diberikan garansi yang terpisah , karena di dalam server  tersebut terdapat beberapa komponen yang di buat oleh vendor yang berbeda, yang masing-masing memiliki garansi.
Demikianlah semoga bermanfaat.
November 2011
(penulis: Yeda Hendrayana)

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x