Mohon tunggu...
Yohanes Budi
Yohanes Budi Mohon Tunggu... meminati bidang humaniora dan pengembangan SDM

peminat humaniora

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Aptenia, Tanaman Hias 2021 yang Seksi

14 Januari 2021   17:18 Diperbarui: 14 Januari 2021   17:30 64 8 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Aptenia, Tanaman Hias 2021 yang Seksi
Aptenia koleksi pribadi

"Woow..." Aku dan istriku berteriak, karena kaget kegirangan. Belum genap tiga minggu sejak ditanam, bunga Aptenia warna merah dan putih sudah tumbuh mekar dengan indahnya. Agak ragu juga saat membeli di toko tanaman hias, apakah bisa merawat Aptenia dengan baik. Nyatanya semesta mendukung. Aptenia bisa berbunga dengan seksinya.

Aptenia Cordifolia, begitu nama latin dari tanaman baby sun rose ini. Posturnya yang kecil imut, mirip baby, yang juga sangat menyukai sinar matahari secara langsung, sun rose. Maka, tanaman hias ini cocok diletakkan di luar ruangan. Lebih bagus lagi kalau diset sebagai tanaman pot yang digantung. Niscaya, Aptenia akan memberi kesegaran baru bagi penghuni rumah. Jika sudah begitu, maka Aptenia bisa menjadi sarana bagi Anda untuk memulai hari dengan penuh rasa syukur, melalui keindahan ciptaan-Nya.

Tentang memulai hari, penduduk Okinawa (Jepang) punya tips tersendiri. Dalam catatan Hector Garcia tentang Ikigai (2016), bagaimana cara Anda memulai hari (baru) bisa menentukan kebahagiaan, bahkan umur panjang Anda. Logikanya, Anda bangun pagi dengan segar, lalu melakukan hal-hal yang Anda sukai atau hal-hal kecil seperti merawat tanaman, berkebun, dan sebagainya. Bukankah untuk mendapatkan kebahagiaan tidak selalu dalam hal-hal yang besar? Alasan untuk bangun pagi itulah yang dimaksud Ikigai

Merunut silsilahnya, Aptenia masuk dalam spesies tanaman sukulen, dari keluarga iceplant. Aptenia masuk dalam family Aizoaceae, Subfamily: Mesembryanthemoideae, dan genus: Aptenia

Varian paling umum yang dikenal orang adalah varietas red apple, dengan bunga merah dipadukan dengan warna daun hijau muda terang. Aptenia red apple merupakan hasil persilangan dari Aptenia Cordifolia dan Aptenia Haeckeliana. Tanaman hias yang berasal dari Afrika Selatan ini disukai karena kecantikan bunga dan perpaduan warnanya (cf. https://hebatgarden.com/)

Nah, jika diprediksi tanaman hias apa yang akan "cetar" di tahun 2021, Aptenia "Si Seksi" Cordifolia menjadi salah satu kandidatnya. Selain mudah dalam pembibitan dan perawatan, manfaat yang didapatkan jauh lebih menggetarkan. Apakah itu? Tentu saja kepuasan batiniah saat melihat bunganya mekar dengan indahnya. Tentu, jika efek keuntungan ekonomi, itu adalah rejeki tambahan yang semesta dukung untuk kebahagiaan Anda.

Salam Aptenia! 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x